Best Regards

  • Live Through This

  • Fiction

Sobat, pernah ngga sih kalian merasa ketika kalian berpelayanan, ada yang berkomentar pedas atas pel...
30 Nov 2019
Pernah mendengar atau membaca ungkapan pada gambar ini? Sebuah ungkapan yang melegakan bagi orang-or...
30 Nov 2019
Pertama kali saya menjejakkan kaki di Guang Zhou, saya terkejut mendapati langitnya yang berwarna ke...
30 Nov 2019
Pernahkah kita merasa tidak berarti? Mungkin terpikir, "Kalau nggak ada aku di dunia ini, kayan...
24 Nov 2019
Semua orang setuju kan, kalau kita berhak untuk merasa bahagia?Terus? Apa lagi yang perlu dibahas?Ap...
24 Nov 2019
Yesus menjawab dan berkata kepadanya, "Jika seseorang mengasihi Aku, dia akan menuruti firman-K...
24 Nov 2019
Aku menulis ini di dalam sebuah kereta yang membawaku kembali pulang. Aku baru saja selesai menikmat...
18 Nov 2019
Halusinogen Pesiar Kaya RayaSaya punya pengalaman buruk dengan MLM. Soal cara pendekatan yang berpot...
18 Nov 2019
Disclaimer: Well, saya rasa ini merupakan artikel tergelap yang pernah saya tulis. Jika tidak s...
18 Nov 2019
“Aduh, keknya gue gendutan ya!?”“Mukaku kok, jerawatan terus, sih!?”“A...
16 Nov 2019
Ungkapan-ungkapan di atas mungkin pernah terdengar dalam komunitas anak muda #10 (baca: Kristen), ba...
16 Nov 2019
Tulisan ini merupakan tulisan ringan yang membantu teman-teman semua dalam merancang sebuah ibadah r...
15 Nov 2019
1 Korintus 15 : 33-34"Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik...
14 Nov 2019
Halo, semuanya! Jika kalian membaca artikel ini saat weekend, maka selamat menggunakan weekend ...
28 Oct 2019
Sering kali dalam kehidupan, kita memiliki sesuatu yang kita idolakan. Hal ini tidak salah. Sebagai...
28 Oct 2019
Saya tidak mengikuti apakah permasalahan tersebut pro atau kontra terhadap undang-undang karena akan...
22 Oct 2019
Suatu hari, Robinson Crusoe dan ayam-ayamnya terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni. Karena tidak...
22 Oct 2019
Disadari atau tidak, kalimat-kalimat serupa sering terlontar ketika kita lupa membawa gawai (alias g...
22 Oct 2019
Beberapa tahun lalu, saya mengerjakan penulisan untuk sebuah majalah ‘untuk kalangan Kris...
09 Oct 2019
Hi, Ignite people!Pernah cabut pelajaran karena ikut-ikutan temen? Atau mungkin ikut pelayanan sebag...
05 Oct 2019
Saya beri ilustrasi seperti berikut. Kalian sedang bersantai sambil menikmati sore hari lalu membuka...
29 Sep 2019
Siapa sih di antara kita yang tidak ingin diterima oleh komunitas, mempunyai banyak teman, menjadi p...
29 Sep 2019
Saya bukan orang yang layak untuk bicara tentang politik. Selain memang bukan lulusan di bidang poli...
27 Sep 2019
Halo teman, hari-hari ini sosmed kita rame banget ya. Apalagi soal demo yang motif dan tujuannya mac...
27 Sep 2019
Siapa yang tidak gentar melihat kondisi Indonesia pekan ini...  demonstrasi yang digerakkan mah...
25 Sep 2019
Salah seorang sahabat saya baru saja melangsungkan pernikahan. Tema pernikahan yang dibuatnya adalah...
23 Sep 2019
Jujur saja, tema bulan ini menggelitik saya. Bisa jadi inilah fenomena milenial masa kini. Tapi izin...
23 Sep 2019
*in collaboration with Olivia Elena Hakim.Sepanjang tahun 2016-2019, kita kerap membaca berita...
18 Sep 2019
Sebagian besar di antara kita menginginkan bisa berada di tempat yang kita inginkan atau kita impika...
18 Sep 2019
Setelah membaca judul ini beberapa orang mulai mengirimkan surat yang mempertanyakan kredibilitas ed...
09 Sep 2019
Gereja bukanlah gedungnya,dan bukan pula menaranya.Bukalah pintunya, lihat di dalamnyaGereja adalah...
09 Sep 2019
Ku mau cinta Yesus selamanya.Ku mau cinta Yesus selamanya.Meskipun badai silih berganti dalam hidupk...
09 Sep 2019
Menjawab pertanyaan ketiga sekaligus terakhir mengenai pelayanan saya, izinkan saya melanjutkan kisa...
06 Sep 2019
(Jika ingin mengakses artikel sebelumnya, klik di sini)Semakin saya menyadari bahwa pelayanan dan ke...
06 Sep 2019
Dalam suatu titik tertentu dalam hidup, saya mengalami keletihan rohani selama bergereja dan berpela...
06 Sep 2019
Sang Dwiwarna dikibarkan hampir di seluruh wilayah perkantoran dan sekolah. Tak mau tertinggal, gaun...
06 Sep 2019
Bagi sebagian orang, melayani merupakan hal yang menyenangkan, apalagi bisa dilakukan bersama teman-...
06 Sep 2019
Berbicara mengenai gereja, ada satu pengalaman yang amat berkesan dalam hidup saya. Pengalaman inila...
31 Aug 2019
Aku muak dengan para manusia suci yang hanya peduli pada dirinya sendiri.Malahan aku kagum dengan ka...
31 Aug 2019
Di suatu Minggu siang, seperti biasanya, saya sibuk mondar-mandir di ruang ibadah untuk mempersiapka...
31 Aug 2019
Menjengkelkan, bukan? Niatnya mendapatkan gombalan romantis tapi yang didapat malah bahan candaan. B...
31 Aug 2019
Bicara mengenai Barisan Sakit Hati, mungkin hampir setiap kita pernah mengalaminya; rasanya topik in...
25 Aug 2019
Sebuah film yang bagus akan terasa menyenangkan jika dinikmati di tempat yang nyaman. Sebut saja XXI...
21 Aug 2019
Betapa saya bersyukur ketika menyadari bahwa saya dibawa Tuhan untuk berada di tengah-tengah komunit...
21 Aug 2019
Bulan ini, Ignite GKI sedang membahas serba-serbi gereja. Bagiku, seiring dengan beredarnya akun-aku...
17 Aug 2019
Pagi ini, sebelum ada yang datang, lelaki itu sudah tiba, mendirikan motornya, membuka pagar, mengge...
17 Aug 2019
Saya ingin membuka tulisan ini dengan sebuah pengakuan. Ketika membaca judul Ed-Letter bulan Agustus...
17 Aug 2019
Pilih yang Mana…?Pilih pacar atau adik?Pilih melakukan ini atau itu?Pilih dia atau d...
15 Aug 2019
Kalau ada yang bertanya padaku sosok yang sangat menginspirasi hidupku, aku akan menjawab, “Se...
15 Aug 2019
Pelayan Tuhan menjadi salah satu faktor yang sangat melekat di dalam berjalannya ibadah Minggu&mdash...
15 Aug 2019
"Kamu agama apa?""Aku Kristen."Percakapan kita sudah menunjukan bagaimana kita m...
15 Aug 2019
Ayat di atas adalah ayat yang aku lihat di halaman terakhir warta gereja. Setiap kali aku mengambil...
15 Aug 2019
Ada beberapa pertimbangan yang membuatku harus merelakan impian yang sangat ingin kuraih dan memilih...
10 Aug 2019
Image by Lily Elserisa (Personal Assets)Tulisan tersebut ditempelkan di dinding pinggir jalan yang...
03 Aug 2019
Di suatu malam, Claudia Tio Elleossa, atau yang dikenal Adis, memberikan pertanyaan bagi follower te...
03 Aug 2019
Pernahkah kalian membuat suatu rencana, semua berjalan dengan baik sampai satu titik tiba-tiba renca...
03 Aug 2019
Penggalan lirik lagu Sekolah Minggu yang sangat melegakan hati bukan? Ya saat Sekolah Minggu, kata &...
03 Aug 2019
Satu kisah menarik kembali kudengar. Cerita kali ini datang dari seorang teman yang cukup dekat deng...
03 Aug 2019
Lapas? Penjara? Kok mau sih lihat orang-orang disana? Gak takut? Hih.. Hati-hati ya, banyak orang ja...
02 Aug 2019
Aku Mencintai Aku Apa Adanya"Aku mencintai aku?"Yuppp!Kita mungkin lebih sering mendengar...
23 Jul 2019
Sejak kehadiran aplikasi ini, Instagram mengubah kebiasaan banyak orang. Kemunculannya di tahun 2010...
23 Jul 2019
Lion King: Who Am I?“Who are you?” tanya Rafiki, si babun kepada Simba.“I am nobo...
23 Jul 2019
Tahun lalu aku mulai berkenalan dengan salah satu rekan kerja dengan karakter yang sangat unik, ting...
22 Jul 2019
Hidup di era terkini nampaknya seperti sebuah koin yang memiliki dua sisi. Di satu sisi menjadi jemb...
22 Jul 2019
Ibadah merupakan sebuah acara atau event, pusat berkumpulnya umat Kristen yang pasti dilakukan...
22 Jul 2019
Apa sih perasaannya kala itu?Saya sendiri bahkan tidak tahu apa yang saya rasakan. Saya tidak bahagi...
15 Jul 2019
Purwokerto, 9 Juli 2019Shalom,Damai Sejahtera bagi kamu,Halo Nat, lama kita ngga berjumpa. Gima...
15 Jul 2019
Water covers 70% of our planet and it is easy to think that it will always be plentiful and will not...
15 Jul 2019
Aku lahir dari keluarga Kristen, yang cenderung aktif melayani di gereja. Masa kecilku dan saudaraku...
15 Jul 2019
Tubuh dalam istilah "Men sana in corpore sano" dapat diibaratkan seperti sebuah lagu. Dala...
15 Jul 2019
Intensitas pertemuan dengan seseorang bisa mengarah pada dua hal: menjadi semakin mudah bergesekan,...
15 Jul 2019
Sebuah chat dari seorang sahabat beberapa hari lalu adalah salah satu starter pack mengenai kehidupa...
15 Jul 2019
Ini merupakan tulisan ringan yang membantu teman-teman semua dalam merancang sebuah ibadah remaja/pe...
09 Jul 2019
Sekali lagi, sebuah karya epik dihasilkan oleh negeri ginseng. Parasite, sebuah film garapan Boong J...
09 Jul 2019
Ketika sedang ‘remaja banget’ dan harus menghadapi kenyataan bahwa kulit saya yang selem...
09 Jul 2019
Terkadang Tuhan mengizinkan keraguan terjadi di dalam hidup kita, agar kita bisa sadar dan berserah...
07 Jul 2019
Dalam kadar yang cukup tinggi, saya dulu punya kebencian untuk papa saya. Itu jelas bukan sebuah sta...
01 Jul 2019
Ketika libur lebaran kemarin, saya dan keluarga berkumpul dan bersilaturahmi. Banyak sekali yang dib...
29 Jun 2019
Kita pasti ingat dengan istilah “remah–remah rengginang” atau “remah–r...
29 Jun 2019
Mama: "Ikut mama latihan koor di gereja yuk""Ikut doa lingkungan yuk""...
29 Jun 2019
“Kamu kalau makan bubur diaduk?” “Iya, kamu juga?”“Iyaa, aku her...
29 Jun 2019
Seseorang berkata kepadaku minggu lalu, bahwa aku harus memaafkan orang itu sekarang. Lalu aku...
29 Jun 2019
 Long story short, aku yang berkuliah di Jurusan Psikologi sudah ingin sekali melanjutkan...
24 Jun 2019
Momen Lebaran, bagi masyarakat Indonesia, merupakan hajatan terbesar kedua di tahun 2019, setelah pe...
21 Jun 2019
Branding pada dasarnya adalah sebuah usaha yang masuk dalam strategi marketing. Banyak sumber yang m...
19 Jun 2019
“Sekarang kamu lagi deket sama siapa?” tanya seorang rekan beberapa waktu lalu. Sebelum...
17 Jun 2019
Bob Harris’ raspy voice echoed around the walls of the quiet hotel room. Charlotte turned her...
16 Jun 2019
Beware: Ini bisa jadi spoiler film Aladdin. Silakan tutup artikel ini kalau merasa akan terkena...
12 Jun 2019
Pernah nggak sih dengar sebuah statement bahwa apa yang kamu lakuin itu nggak akan berguna di masa d...
11 Jun 2019
Masih teringat jelas bagaimana lelahnya mendaki gunung, namun kuberanikan diri menguji kembali usia...
06 Jun 2019
Yogyakarta, 23 Mei 2019Kepada seluruh mahasiswa di tanah air,Di depan laptop ataupun gadget kalian.S...
05 Jun 2019
Pagi ini, penyertaan-Nya tetap terasa. Angin semilir masih menghembus lembut rambut yang memahkotai...
05 Jun 2019
Aku sekarang sedang dalam masa mengarungi bahtera dunia pekerjaan. Ada banyak rasa yang kuhadapi: Pe...
05 Jun 2019
Sebagai orang Kristen, percaya kepada Kristus adalah hal yang lazim, dan terlibat dalam berbagai rit...
28 May 2019
Ya, orang yang suicidal umumnya dicurigai hanya sedang (dan senang) mencari perhatian. Kalangan pers...
25 May 2019
Kalau hidup ibarat pertandingan sepak bola yang berakhir ketika peluit dibunyikan wasit, bagaimana...
25 May 2019
Masih semarak perayaan tahun baru. Setiap orang membicarakan resolusi dan mulai bermimpi untuk mengg...
25 May 2019
Aku tergolong remaja yang cukup sering hadir di komisi remaja, tapi ya sama saja. Banyak hadir tanpa...
25 May 2019
Sebetulnya, reaksi kita terhadap Hasil Rekapitulasi Pemilu 2019 sudah disampaikan dengan sangat baik...
25 May 2019
Pemuda dari Gereja A bertemu dengan pemudi dari Gereja B di sebuah acara Komisi Pemuda; yang satu pe...
25 May 2019
Dalam risetnya tahun 2015, Pew Research Global Attitudes menempatkan Indonesia di peringkat tig...
23 May 2019
“Kamu yakin engga ikut resign? Rumah sakit ini akan bangkrut loh?” kata seorang teman di...
22 May 2019
“Swing low, sweet chariotComing for to carry me homeSwing low, sweet chariotComing for to carr...
18 May 2019
Belakangan ini sering terjadi perdebatan, bahkan perpecahan dari kedua kubu politik dimana para pend...
18 May 2019
Kita, sebagai manusia, pasti mempunyai rencana dalam hidup; mulai dari bangun pagi sampai kita kemba...
18 May 2019
“Jomblo perak” adalah predikat yang sungguh saya banggakan. 25 tahun hidup tanpa pernah...
16 May 2019
Beberapa waktu lalu, seantero negeri gempar. Pagi itu, di saat orang-orang sedang menikmati waktu li...
16 May 2019
Penjelasan Kamus Besar Bahasa Indonesia ini memaparkan dua kata yang mungkin membuat sebagian orang...
16 May 2019
Hampir setiap saat kita dihadapkan pada pilihan. Mulai dari pilihan sederhana seperti memilih rute p...
16 May 2019
Kita gemar singgah pada tautan yang memberikan penjelasan tentang diri kita. Bahkan dihubungkan deng...
16 May 2019
Pemeliharaan Allah. Providensia.Ketika berbicara pemeliharaan-Nya, aku sering memikirkan mengenai ba...
16 May 2019
Aku tak tahu, apakah itu sebuah lelucon atau hal yang serius, yang aku tahu, itu teka-teki. Sebuah t...
16 May 2019
Beberapa bulan lalu, seorang temanku yang ateis bercerita bahwa dia dibesarkan di keluarga Katolik n...
16 May 2019
Kutipan di atas merupakan sebuah kutipan yang cukup populer dari Tan Malaka. Kutipan tersebut merupa...
16 May 2019
Hari itu aku sedang asik-asiknya mencela diriku sendiri di tengah kebosananku bekerja. Di jam istira...
16 May 2019
Ah, Februari. Bulan kasih sayang, katanya. Saat yang tepat untuk bicara cinta serta romansa yang had...
16 May 2019
Tahun baru adalah kecerian bagi banyak orang dengan harapan baru yang lebih baik. Semua orang pasti...
16 May 2019
Kutipan di atas kudapat dari novel karangan Eka Kurniawan yang berjudul “Seperti Dendam, Rindu...
16 May 2019
Tahun ini negara kita disibukkan dengan berbagai persiapan. Persiapan perayaan HUT RI di setiap wila...
16 May 2019
Suatu hari seorang teman datang padaku dan menceritakan kisah cinta yang sedang ia jalani.Ia menutur...
16 May 2019
Rasanya terlalu egois untuk terus membahas Better Day(s) semata untuk diri sendiri. Di tengah panas...
16 May 2019
“Tuhan, mauMu apa sih?”“Tuhan, bener gak sih jalan hidupku gini?”“Tuha...
16 May 2019
When I was a kid, I often fell and it left me with several memorable scars. Every time I see my scar...
16 May 2019
Setiap orang punya mimpi-mimpi yang ingin diraih dalam hidupnya. Psikologi modern dan beberapa tips...
16 May 2019
Itu adalah sebuah potongan kalimat dari Hesher (dalam film HESHER,2010), seorang metalhead aneh yang...
16 May 2019
Tahun politik sudah di ambang pintu. Kurang dari enam bulan lagi, kita akan melihat Indonesia disibu...
16 May 2019
      Dalam rutinitas hidup yang padat, di tengah sederet ambisi diri yang terus memi...
16 May 2019
Kalian setuju tidak, kalau menunggu adalah kegiatan yang membosankan? Kita hanya bisa menunggu tanpa...
16 May 2019
Beberapa hari yang lalu, isu yang seksi itu kembali “digoreng”. Intoleransi dan persekus...
16 May 2019
Hidup itu harus bercahaya dan benderang. Jika tidak bercahaya, tidak hidup. Masalahnya, dunia sekara...
16 May 2019
Aku menggandeng tangannya erat siang itu, di bawah terik mentari, saat kami baru saja pulang dari wa...
16 May 2019
  Potongan lirik lagu di atas pasti sudah dikenal oleh sebagian besar orang yang membaca tulisa...
16 May 2019
It is easy to make assumptions. Psychologists say that assumptions come from our brain's tendenc...
16 May 2019
Beberapa minggu yang lalu saya melihat seorang perempuan di kantin kampus, sepertinya ia adalah maha...
16 May 2019
7 September lalu, beberapa rekan yang terlibat dalam aktivisme hukum serta Hak Asasi Manusia (HAM) m...
16 May 2019
Pada tahun 2011, sempat trending sebuah istilah dalam bahasa Inggris, “YOLO”, yang artin...
16 May 2019
Hari itu aku mengambil tes kesehatan mental sesuai permintaan psikiaterku. Saat hasil tes sudah kelu...
16 May 2019
Ketika membaca editorial letter bulan ini, saya teringat satu kisah pada masa lampau. Bukan ingatan...
16 May 2019
“Tak Apa Jadi Cina, Asal Berguna”, begitu judul dari sepotong tulisan yang kudapat dari...
16 May 2019
Pertanyaan demikian tidak luput menghampiriku di masa penantian. Jawabannya seakan penuh misteri hin...
16 May 2019
Doni merasa tidak enak badan sejak kemarin Jumat. Sudah tiga hari mukanya pucat dan keadaannya semak...
16 May 2019
Delapan setengah tahun yang lalu Tuhan memanggil pulang papa.Sejak saat itu banyak pergulatan di ben...
16 May 2019
Ada dua hal yang saya tidak suka dalam menunggu. Yang pertama adalah apabila saya tidak dapat mengus...
16 May 2019
I can’t count anymore on how many times I have quoted that line written by a Malawian poet, Up...
15 May 2019
Kupandang sebuah foto perkumpulan remaja pemuda di tahun 2009 dengan perasaan haru teringat hangatny...
15 May 2019
Masih teringat jelas dalam ingatan, hari ketika saya dan seorang teman duduk di pinggir taman kampus...
15 May 2019
Museum MACAN dan Yayoi Kusama. Mungkin dua nama ini pernah kita dengar. Ya, Museum MACAN adalah sebu...
15 May 2019
Banyak perkara yang tak dapat kumengerti mengapakah harus terjadidi dalam kehidupan iniSatu perkara...
15 May 2019
Malam itu, saya menonton berita di televisi. Siaran live breaking news mengabarkan lima jenazah...
15 May 2019
Beberapa waktu lalu, salah satu grup Whatsapp saya heboh karena seorang anggotanya diserang di media...
15 May 2019
Yo yo ayo… yo ayo Yo yo ayo… yo ayoYo yo ayo.. kita datang kita raih kita menang..Kala...
15 May 2019
Penghujung tahun selalu jadi waktu yang tepat untuk mulai kembali menyusun target, menata rencana ya...
15 May 2019
Peperangan di Indonesia jelas berbeda dengan bentuk pertempuran di Suriah. Jika di sana penuh dengan...
15 May 2019
Guys, saya sangat tersentuh dengan quote di atas yang disampaikan oleh Billy Simpson dalam sebuah se...
15 May 2019
Dalam perjalanan hidup, kita bersinggungan dengan banyak orang. Entah mereka yang akan menetap dan t...
15 May 2019
Tahun 2019 baru berjalan beberapa hari. Masih ada ratusan hari lagi yang harus kita lalui dengan seg...
15 May 2019
For as long as I could remember, I misunderstood inferiority as humility. I had a lot of insecu...
15 May 2019
Memutuskan keluar dari sebuah pekerjaan yang nyaman adalah bentuk menantang diri. Begitu menurut gad...
15 May 2019
Setiap satu minggu sekali, morning report di rumah sakit tempat saya menjalani internship dulu selal...
15 May 2019
Cerita kita selalu dimulai dengan suara tangisan pertama sebagai penanda awal dari sebuah kehidupan...
15 May 2019
A desperate drownTwo years of clerkship and one year of internship at the hospital made me believe t...
15 May 2019
Sebuah jawaban singkat itu telah menjadi dasar banyak perjuangan saya. Secara definisi, perjuangan a...
15 May 2019
Sore itu saya terdiam sendiri, mengetahui ada sekumpulan orang yang berteriak-teriak di luar pintu g...
15 May 2019
Menjadi seorang hamba Tuhan bukan artinya menjadi seorang Gatotkaca yang sangat kuat. Hamba Tuhan ju...
15 May 2019
Lagu yang disenandungkan sebagai pujian penutup Pendalaman Alkitab (PA) Pemuda Klasis Jakarta 2 ini...
15 May 2019
Bukankah pencarian pasangan hidup seharusnya menjadi pencarian penuh penantian akan seseorang yang d...
15 May 2019
Jakarta, Agustus 2018Ada yang banyak alasan orang putus – dan gue orang yang sering banget ken...
11 May 2019
      Beberapa pekan lalu pertelevisian Indonesia dihebohkan oleh beberapa artis seni...
11 May 2019
Is this the real life? Is this just fantasy?Caught in a landslide, no escape from reality Bohem...
11 May 2019
  Yap, kadang kita merasa cinta manusia pun dibatasi waktu. Dalam fase relasi jarak jauh contoh...
11 May 2019
Hiruk pikuk dunia zaman sekarang telah menguasai hati dan pikiran manusia. Rasanya, tak bisa lagi ki...
11 May 2019
Everyone has a basic, important need to feel safe. We can see it from a cute perspective, like a bab...
11 May 2019
I come to realize the true meaning of friendship after series of unfortunate events, probably ever s...
11 May 2019
Saya mencoba mengumpulkan alasan-alasan yang paling sering diungkapkan oleh pemuda-pemudi Kristen da...
11 May 2019
Saya selalu merasa diri saya adalah seseorang yang tidak pernah berhasil dalam apapun yang saya kerj...
11 May 2019
Seorang pria muda dibawa masuk dengan tergesa-gesa oleh beberapa orang perawat ke dalam ruang Instal...
11 May 2019
Ketika seseorang menghadapi masalah, kebanyakan akan bertanya: “sampai kapan?” Baik tent...
09 May 2019
Beberapa waktu yang lalu media sosial mulai diramaikan oleh sebuah akun yang bernama Nanti Kita Samb...
09 May 2019
Dalam sebuah perjalanan menuju luar kota, saya bercengkerama di mobil dengan salah seorang teman yan...
09 May 2019
Memiliki pasangan dan menjalin sebuah relasi nampaknya menjadi keinginan bagi banyak orang, namun ti...
09 May 2019
Ketundukan dan ketaatan merupakan sikap hidup yang Allah kehendaki untuk kita lakukan. Setidaknya it...
09 May 2019
Muliakanlah, muliakanlah Tuhan Allah, Tuhan Allah, Mahatinggi! Damai sejahtra, turun ke bumi Bagi or...
09 May 2019
Berbicara tentang Natal, tentu kita juga akan membahas para tokoh yang ada menjelang kelahiran Yesus...
09 May 2019
Seorang dengan penguasaan diri yang baik akan membuat keputusan dengan baik, hingga akhirnya ia mamp...
09 May 2019
Kurang lebih satu atau dua tahun yang lalu, saya membuat snapgram yang saya abadikan di highlight ak...
09 May 2019
Move on merupakan hal yang sulit bagi sebagian orang, terutama dari kisah yang buruk. Misalnya saja...
09 May 2019
Menengok dari keterbukaan anak muda GKI masa kini pada pemilu 2014 silam, bagi saya ini adalah sebua...
09 May 2019
Apakah kamu pernah berpikir di-P.H.P. oleh Tuhan karena tak segera mendapatkan jawaban atas doamu? A...
09 May 2019
Kasih menjadi konten vital yang memberi warna dalam kehidupan setiap orang. Perasaan dikasihi membua...
07 May 2019
Di kampus X, terdapat obrolan hangat tentang A yang baru saja ditembak oleh C, salah satu gitaris ya...
07 May 2019
Bukan, ini bukan artikel untuk menelaah lagunya Tulus. Tapi ulasan berikut mungkin akan membuat kita...
07 May 2019
Satu tahun lalu, akhirnya aku mulai mengamini pernyataan yang sering bertebaran di linimasa. Pernyat...
07 May 2019
Aku yakin ada banyak ulasan mengenai “bagaimana mencari pasangan hidup yang tepat”, &ldq...
07 May 2019
Sekitar pertengahan Februari, saya mendapatkan curhatan dari anak rohani saya. Diawali dengan pertan...
07 May 2019
Sungguh lembut Tuhan Yesus memanggil, memanggil aku dan kau…“Lho kok, lagu ini nyasar k...
07 May 2019
Setiap orang tentu punya rencana, punya impian, dan harapan yang ingin diraih bersama orang yang dik...
06 May 2019
Menengok dari keterbukaan anak muda GKI masa kini pada pemilu 2014 silam, bagi saya ini adalah sebua...
28 Apr 2019
Orang mana yang tidak kenal Setya Novanto? Ketua DPR RI periode 2014-2019 yang terkenal dengan pangg...
25 Apr 2019
Buat yang sudah nonton film atau membaca novel Dilan 1990 mungkin ingat akan penggalan gombalan di a...
25 Apr 2019
Dalam mencintai, luka adalah sebuah keniscayaan. Semakin saya menjalani profesi sebagai guru, dan kh...
25 Apr 2019
“Kamu sering nyanyi di kamar mandi?”, tanya sang pelatih vokal. “Sering kak, kenap...
25 Apr 2019
Sebut saja namanya Budi. Ia adalah salah satu dari sekian banyak ‘mantan pacar’ gereja s...
17 Apr 2019
Hari itu terasa sangat biasa dan inosen (tadinya). Saya sedang mengikuti kelas yoga, mendadak mata s...
17 Apr 2019
Satu kali dalam kelas kursus Bisnis & Manajemen yang saya ikuti di gereja, dipaparkan fakta bahw...
17 Apr 2019
Karya: Finki Rianto Kantohe Setiap orang tentu punya rencana, punya impian, dan harapan yang in...
17 Apr 2019
Dulu ketika masih SMP, ada masanya aku suka sekali dengan momen Pra-Paskah. Kenapa? Karena di sekola...
11 Apr 2019
Kepentingan Golongan dan PemiluSaya akan mulai dengan ini: tidak mengherankan bila seseorang memilih...
08 Apr 2019
Dia adalah satu-satunya orang yang tak bertanda salib di gereja itu. Orang-orang di situ, baik lelak...
25 Aug 2019
Ada seorang yang babak-belur karena ditipu investasi bodong. Sebagian besar tabungannya habis tanpa...
02 Aug 2019
“Tuhan Yesus, Malam ini Jane mengucap syukur atas penyertaan yang telah Engkau berikan sepanja...
31 Jul 2019
Alfred menatap langit dengan dahi berkerut. Masih sekitar 10 menit jalan kaki dari jembatan busway k...
15 Jul 2019
Tuhan, ini aku, Bumi, planet yang Kau sayang Atau benci, entahlahTuhan, sejujurnya aku benar-be...
15 Jul 2019
Hari ini Selasa, biasanya ketika jam 12 malam atau lewat tengah malam, handphone-nya akan berbu...
09 Jul 2019
Awalnya daun ara.Menutupi rasa malu memberi rasa aman yang palsu.Lalu daun ara menjelma menjadi bebe...
22 Jun 2019
Satu hari telah berlalu di tahun ke-25nya. Ya, kemarin adalah hari ulang tahunnya. Tidak lama kemudi...
19 Jun 2019
Ada riuh yang tak bisa aku raih. Alunan musik atau ego yang sedang diimprovisasi. Lidahku kelu. Sete...
17 Jun 2019
Mereka saling bercengkrama tentang hidup masing-masing setelah satu tahun tak bertemu. Padahal, sebe...
06 Jun 2019
Hai Sang RapuhHai Sang RapuhBolehkah aku mengumpat kepada keadaan?Ketika aku dipaksa menahan diriSem...
05 Jun 2019
(Baca di sini untuk bagian sebelumnya)Sakit hati?Hmmm… nggak juga, sih. Apa yang Edward...
05 Jun 2019
Jarum jam telah menunjukkan pukul 11 malam, tapi aku masih saja mengobrak-abrik kamarku. Bahkan laci...
05 Jun 2019
“Kamu, anak kecil! Bisa apa kamu?”Kata-kata itu terus terngiang di benak Tita, seorang g...
05 Jun 2019
dari bangku ruang tungguaku terpaku pada banyak kaki yang berlaluentah berapa jauh mereka berpi...
25 May 2019
“Untuk beli bibit.. ““Untuk beli obat, Neng...”“Kemarin harga jatuh. P...
18 May 2019
Luna hanya bisa memalingkan wajahnya sambil menutup mata, menghindari kumpulan debu ringan yang bete...
18 May 2019

Want to Submit an Article

Untuk menjadi bagian dari gerakan generasi
muda Kristen Indonesia. Kirimkan karyamu ke:

[email protected]

READ OTHER

 

CONTACT US

 

   +62 8222 7841 346
   [email protected]

 

 

 

 

STAY UPDATE WITH IGNITE!
SUBSCRIBE