Best Regards

  • Live Through This

  • Fiction

“Kita lulus di saat yang kurang tepat.”Itu isi chat dari teman saya ketika saya bercerit...
14 Jul 2020
Ignite People, kamu udah pernah dengar lagu “Si Lemah” karya RAN dengan kolaborasi merek...
14 Jul 2020
When Netflix hadn’t existed in Indonesia, I used to spend my free time after I took English co...
12 Jul 2020
Selfish. Mungkin kata tersebut tidak terlalu asing di telinga kita. Beberapa waktu yang lalu sa...
12 Jul 2020
"It's not about the money, money, money.We don't need your money, money, money"Tem...
12 Jul 2020
Sebagai salah satu pengguna Twitter yang masih cukup aktif, saya tentu mengikuti topik pembicaraan l...
08 Jul 2020
Banyaknya waktu di rumah dan pertemuan-pertemuan terbatas dengan manusia membuat saya dapat memperha...
07 Jul 2020
Pernikahan buat saya pribadi yang sudah menjalani pernikahan hampir 3 (tiga) tahun adalah babak kehi...
05 Jul 2020
Di awal pandemi banyak akun berlomba membuat tayangan melalui IG TV. Salah satu yang saya ikuti seca...
03 Jul 2020
Beberapa waktu lalu sempat viral pertanyaan demikian: “Kalau pandemi ini selesai, apa sih ...
03 Jul 2020
Ada satu ungkapan yang pernah saya baca dan agak cukup nyeleneh  sekaligus menyedihkan. Ungkapa...
02 Jul 2020
“Biarkanlah kurasakan Hangatnya sentuhan kasihmu Bawa daku penuhiku Berilah diriku kasih putih...
02 Jul 2020
Memasuki kelas 11, aku mulai dihadapkan dengan berbagai kepengurusan ekstrakurikuler di SMA aku send...
02 Jul 2020
“Biasanya, anak muda itu kalau tidak underused, ya overused,” kata seorang narasumb...
02 Jul 2020
          Akhir-akhir ini, Waikabubak semakin dingin seperti Malang. Ini pe...
29 Jun 2020
         Pada dasarnya menusia memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing...
27 Jun 2020
Di masa pandemi seperti ini pasti setiap dari kita merasakan kesusahan dan kekhawatiran oleh karena...
27 Jun 2020
Bagaimana seharusnya kita berbicara kepada sang liyan? Adakah "sang liyan" itu, atau dia j...
27 Jun 2020
Mari bicara jujur, pasti kita semua pernah merasa kesal dengan orang di sekitar kita, yang kita rasa...
25 Jun 2020
 "Namanya juga manusia, ga ada yang sempurna. Pasti juga punya dosa. Yaudah lah."...
24 Jun 2020
Photo by Eva Blue on UnsplashNegara Indonesia memiliki angka bunuh diri 3.40% dari 100,000 populasi...
23 Jun 2020
            Covid-19 telah mengguncang beberapa negara di dunia termas...
23 Jun 2020
Besok adalah hari dengan jadwal ujian yang sulit bagi Lala.  Bahkan mungkin bukan bagi Lala sen...
23 Jun 2020
“Halo, gimana kabarnya? Sehat kan?”“Iya sehat kok. Kamu gimana?”“Iya a...
21 Jun 2020
Sebelum Covid-19 masuk ke Indonesia, saya diberi sebuah film oleh teman saya. Tidak seperti biasanya...
21 Jun 2020
Aku bukan bonekamu bisa kau suruh-suruhDengan seenak maumuAku bukan bonekamu bisa kau rayu-rayuKalau...
21 Jun 2020
Mungkin sebagian besar di antara kita pernah dengar lagu yang dinyanyikan oleh Kekeyi yang judulnya...
16 Jun 2020
Aku bukanlah penggemar berat salah satu girlgroup K-Pop ternama, yaitu TWICE, atau yang lebih akrab...
16 Jun 2020
      Mungkin saat ini banyak di antara pembaca berada pada kebimbangan dalam melanju...
14 Jun 2020
Selain sudah bisa mengupas wortel dengan durasi kurang dari 5 menit, membuat ayam ungkep, dan  ...
14 Jun 2020
Saya sering sekali mendengarkan perkataan teman saya yang menyatakan bahwa “Kalau mau keliatan...
14 Jun 2020
Siapa yang tidak familiar dengan istilah "Komsel"? Komsel atau biasa disebut Kelompok Sel...
12 Jun 2020
         Lelah tidak, bila kamu mengasuh anak kecil yang nakalnya aktifnya...
10 Jun 2020
Pandemi ini membawa dampak signifikan untuk penggunaan media sosial di masyarakat. Salah satu yang s...
10 Jun 2020
“Le (sebutan orang Jawa untuk ‘nak’), masa kamu gak bisa seperti mas-mu itu, to? P...
09 Jun 2020
Kalian, khususnya para kaum muda, pasti pernah - secara langsung atau tidak, mendengar kalimat-kalim...
09 Jun 2020
Sebagai orang Kristen, kita dipanggil untuk bermurah hati. Lukas 6:36 mengatakan, "Hendakl...
08 Jun 2020
Saya yakin jangankan di level Presiden Joko Widodo, seluruh lapisan masyarakat juga sudah cukup pusi...
08 Jun 2020
Pandemi virus COVID-19 ini membuat melakukan berbagai hal menjadi sangat sulit. Mungkin banyak dari...
08 Jun 2020
Muak, sebuah kata yang menggambarkan situasi saya selama ini.  Di tengah hiruk-pikuk berita yan...
07 Jun 2020
Izinkan saya berbagi sedikit cerita dan perenungan selama lockdown Covid-19 yang saya alami di Austr...
06 Jun 2020
Seorang anak perempuan berumur 3 tahun harus menerima kenyataan bahwa ayahnya meninggal dunia karena...
06 Jun 2020
            Tulisan ini adalah sebuah renungan pribadi yang rindu untu...
06 Jun 2020
Hai, Ignite People! Gimana rasanya di rumah aja selama berbulan-bulan? Jauh dari kemacetan yang biki...
03 Jun 2020
Halo Ignite People, aku ingin bercerita tentang pengalamanku, lumayan baru sih sekitar dua tahun yan...
02 Jun 2020
Matahari yang terik menembus tanpa malu kaca jendela “kamar belajar & ruang kuliahku&rdquo...
02 Jun 2020
Bila kau rasa gelisah di hatimu,Siapa yang tidak resah dengan situasi dunia saat ini? Maraknya penye...
02 Jun 2020
Kitab suci umat Nasrani terdiri dari 66 kitab (39 kitab perjanjian lama, 27 kitab perjanjian baru)....
01 Jun 2020
Hai Ignite People, bagaimana kabar kalian semua? Aku berharap kalian semua dalam kondisi yang baik d...
01 Jun 2020
Beberapa hari yang lalu, saya membaca Editorial Letter untuk Mei-Juni dengan judul "Liquid-Soli...
01 Jun 2020
Ketika mendengar bahwa di Surabaya Raya akan diterapkan PSBB pada pertengahan April lalu, sedikit ba...
31 May 2020
Kecanggihan teknologi patut kita syukuri. Meski tidak bisa hadir secara fisik ke gedung gereja, kita...
27 May 2020
Di artikel sebelumnya kita sebenarnya dikenalkan oleh sebuah faktor kunci dalam 3 hal penting untuk...
27 May 2020
Sebagai manusia yang memiliki otak normal, kita memiliki dua kemampuan: mengingat dan melupakan. Mel...
27 May 2020
Ada kalanya kita tidak menyadari bahwa sikap dan omongan kita bisa menyakiti hati orang lain. So wel...
27 May 2020
Teringat kembali tahun 2015, saat ayahku harus menerima diagnosis penyakit langka yaitu “Trige...
27 May 2020
Sebagai seorang santri yang berasal dari tradisi di luar Kristen, saya kali ini menantang diri saya...
25 May 2020
Beberapa waktu yang lalu, salah satu warganet alias netizen mengirim cuitan di media sosial Twitter...
25 May 2020
Sudah berapa kali aku mendapatkan balasan seperti di atas dari beberapa orang ketika aku berkomunika...
25 May 2020
3. It’s Not About You Saya bersyukur dianugerahi orang-orang yang selalu membuat saya merasa a...
24 May 2020
Di laci meja belajar saya, tersimpan puluhan eulogi* yang terlipat rapi di dalam amplop-amplop putih...
24 May 2020
1. Memilih-milih tempat duduk paling 'strategis' Photo by Stefan Kunze on Unsplash Samp...
24 May 2020
Penulisan artikel ini terinspirasi dari sebuah obrolan tengah malam, satu hari sebelum Ignite Confer...
22 May 2020
Sudah dua tahun belakangan ini, rasa putus asa sangat menggoncang pikiran dan hati saya. Saya a...
22 May 2020
Hi Ignite People,Hope this article finds you well.Aku memperhatikan bahwa ada beberapa hal yang terd...
22 May 2020
Salah satu cerita di Alkitab yang menurut saya menarik setelah saya dewasa, adalah tentang seorang y...
18 May 2020
Situasi dunia semakin pelik karena ada keberadaan si kecil bernama, Virus Korona. Berbagai elemen ma...
18 May 2020
Di tengah pandemik ini rasanya sulit untuk menerima keadaan, sulit untuk bisa keluar dari zona nyama...
17 May 2020
Ya Tuhan, tiap jam 'ku memerlukanMu,Engkaulah yang memb'ri sejahtera penuh.Setiap jam, ya Tu...
16 May 2020
Siapa yang tidak kenal dengan Ayub? Dia adalah tokoh Alkitab yang hidupnya paling menggambarkan roda...
15 May 2020
Dulu saya sering sekali mendapati diri saya dibully di sekolah baik itu masa SD, SMP, ataupun SMA. M...
14 May 2020
"SEANDAINYA…." Sebuah kata pengandaian di mana kita mengandaikan sesuatu yang...
14 May 2020
Saat ini semua orang tengah menghadapi ketidakpastian: ketidakpastian akan pekerjaan, ketidakpastian...
14 May 2020
Tidak ada yang menyangka dan tidak ada yang mengharapkan bahwa saat ini kita berada dalam suasana ti...
14 May 2020
Tahukah kamu salah satu kegiatan yang belakangan ini banyak dilakukan oleh orang-orang selama masa k...
13 May 2020
Kamis, 30 April 2020, merupakan hari yang membuatku merasa terpukul, sedih, bahkan tak berdaya. Aku...
13 May 2020
Pada awal merebaknya pandemi ini, sebagian rakyat Indonesia berbangga hati karena negara Indonesia t...
13 May 2020
Berita yang disampaikan akhir-akhir ini lebih banyak berfokus pada berita penyebaran COVID-19 yang s...
13 May 2020
Ibadah Kamis Putih pada tahun ini memang agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya kit...
11 May 2020
Lukas 5:16“Akan tetapi Ia (Yesus) mengundurkan diri ke tempat-tempat yang sunyi dan berdoa.&rd...
11 May 2020
Hampir semua orang membutuhkan orang lain, baik di saat senang maupun di saat susah. Rasa ketergantu...
11 May 2020
Hidup ini bukan tentang saya, melainkan siapa Tuhan saya yang bekerja di dalam saya. Covid19 yang me...
11 May 2020
Ambyar… Itulah kata yang bisa menggambarkan perasaan saya pada Selasa, 5 Mei kemarin. Sekali...
06 May 2020
Di samping berjemur, rasanya ber-jenuh menjadi keseharian baru kita di rumah. Penulis pun juga menja...
06 May 2020
Kala itu, aku sedang mendengarkan sebuah lagu dari kolaborasi RAN dengan Hindia yang berjudul &ldquo...
06 May 2020
"Di waktu ku masih kecil, gembira dan senangTiada duka ku kenal, tak kunjung mengerangDi sore h...
06 May 2020
Mungkin banyak dari kita malu untuk bersaksi atau memberitakan Injil bagi semua orang. Mungkin sebag...
03 May 2020
“Tuhanku lembut dan penyayang, dan aku mengasihi Dia….”Merasa akrab dengan pengga...
03 May 2020
"Jalan Tuhan bukan jalanku jangan bimbang ataupun ragu, nantikan Tuhan jadikan semua indah pada...
03 May 2020
Adanya pandemi Virus Corona ini membuat kita menjadi sadar bahwa sebenarnya semua dapat kita lakukan...
29 Apr 2020
Selamat Paska Ignite People!Tema Ignite bulan ini pas banget dengan kondisi kita : Disrupsi.Rangkaia...
29 Apr 2020
Beberapa minggu yang lalu, di dalam Ibadah Online Hari Raya Paskah Pemuda dan Remaja GKI di kanal Yo...
28 Apr 2020
Tidak sedikit orang yang kecewa dengan orang-orang Kristen. Hidup yang tidak bersesuaian antara peng...
28 Apr 2020
Masa dewasa muda (21-40 tahun) adalah masa perkembangan manusia yang dipenuhi oleh tantangan baru. D...
28 Apr 2020
Perayaan Paskah seringkali kalah “bergema” dengan perayaan Natal di bulan Desember. Namu...
28 Apr 2020
Akhir-akhir ini, mungkin hampir semua orang telah melakukan banyak hal di rumah. Begitupun dengan pe...
28 Apr 2020
Beberapa minggu belakangan ini, kita semua tentu sama-sama mengalami masa yang cukup berat. Tidak ha...
25 Apr 2020
Saya bukan penggemar terbesar dari seri Toy Story dan selalu merasa film ketiga merupakan penutup ya...
25 Apr 2020
Kita pasti pernah  berada di titik kekecewaan yang paling menyakitkan. Merasa sakit hati dengan...
25 Apr 2020
Lepas shalat Jum’at mulailah saya menulis catatan saya sebagai berikut:“Lepas bermain ta...
25 Apr 2020
Dalam teori-teori motivasi yang cukup beken bagi mahasiswa psikologi, banyak yang mengaitkannya...
23 Apr 2020
Suatu hari, saya sedang makan di sebuah rumah makan di dekat gereja. Sembari menyantap makan, saya m...
23 Apr 2020
Ignite pada masa karantina ini mengadakan sebuah challenge menulis, yang terbuka baik untuk kon...
23 Apr 2020
Akhir-akhir ini tagar #dirumahaja sedang menjadi trending topic di media sosial. Ya, sejak pemerinta...
23 Apr 2020
Hai, apa kabar belasan hari ini #dirumahaja? Semoga kabarmu baik, dan orang-orang di sekitarmu juga....
23 Apr 2020
Aku bukan pengamat politik, jarang mendengar atau membaca berita. Namun sejak 5 tahun terakhir ini,...
20 Apr 2020
Kita terlalu sibuk mengeluh suntuk WFH, kita nggak ingat RA Kartini WFH nyaris seumur hidup!Ingatkah...
20 Apr 2020
Saat masih duduk di bangku SMA, aku seringkali bercanda dengan kawan sepermainanku. Satu ketika dia...
16 Apr 2020
Banyak lagu yang menceritakan mengenai definisi dari Gereja, atau siapa itu gereja. NKB 111 menggamb...
16 Apr 2020
Sebuah curahan hati dan perenungan.Disclaimer: Cerita yang dituliskan pada artikel ini didasarkan pa...
16 Apr 2020
Momen paskah dihayati dengan begitu rupa oleh umat Kristiani, dari berbagai aliran dan golongan. Set...
16 Apr 2020
Bagaimana kabar self-isolation kalian sobat? Pada artikel kali ini, bakal banyak data aku sampaikan...
12 Apr 2020
Yes, some things never change Like the feel of your hand in mine Some things stay the same Like how...
11 Apr 2020
Sabtu Sunyi merupakan hari di antara kematian Yesus Kristus di kayu Salib dan kebangkitan-Nya. Hari...
11 Apr 2020
IGNITE People,Bagaimana kabar kalian semua di 2 minggu setelah #diRumahAja? Semoga dalam keadaan seh...
08 Apr 2020
"Paskah online ?" "Jumat Agung n-ya berarti perjamuan online dong?"Kira-kir...
08 Apr 2020
Melihat kenyataan dunia saat ini yang sedang gempar mengenai infeksi virus Covid-19 membuat semua or...
08 Apr 2020
Awal tahun 2020 sudah terdengar berita mengenai virus yang mewabah dari suatu kota di Cina yang saat...
08 Apr 2020
Di tengah maraknya virus Covid-19 yang menjadi wabah di berbagai negara di dunia termasuk Indonesia,...
08 Apr 2020
Di tengah pandemi yang mungkin masih menghantui masyarakat global, termasuk Indonesia, kita melihat...
08 Apr 2020
Bahagia itu konsep yang aneh, definisi umumnya adalah keadaan di mana kita menikmati hidup dan meras...
06 Apr 2020
“Dunia sedang sakit atau dunia sedang berduka” begitulah tanggapan setidaknya dari penga...
06 Apr 2020
Ada sebuah lagu yang belakangan ini sedang terus terputar kembali di dalam ingatan saya, yaitu lagu...
06 Apr 2020
Siapa yang tak kenal Didi Kempot? Musisi legendaris ini berhasil membuat setiap hati yang mendengar...
06 Apr 2020
Sebagai relawan pendidikan yang masih terus ingin berkarya karena masih sehat dan mampu, pastinya a...
04 Apr 2020
Dunia dikejutkan pada sekitar akhir Desember 2019 dengan penemuan sebuah virus, yakni Novel Coronavi...
04 Apr 2020
Kisah ini berawal dari aku yang mendapati diriku tidak mampu membohongi perasaan yang tumbuh saat it...
04 Apr 2020
Mulai akhir tahun 2019, seperti yang kita ketahui, dunia menghadapi sebuah fenomena pandemik yang di...
04 Apr 2020
Apakah kebahagiaan itu nyata?Bagaimana untuk menjadi bahagia?Apa tujuan bahagia?Pertanyaan ini terus...
04 Apr 2020
Bagian sebelumnya dapat dibaca di siniDalam keadaan genting yang menguras tenaga, emosi, dan pikiran...
02 Apr 2020
Beberapa kali saya iseng melihat profil teman-teman saya pada masa SMP atau bahkan SD dulu. Penasara...
02 Apr 2020
Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan bersama dengan manusia l...
02 Apr 2020
Melayani merupakan salah satu dari empat fungsi gereja yang ditetapkan oleh Alkitab. Diambil dari ba...
02 Apr 2020
TIDAK seorangpun yang TIDAK pernah mengalami "keretakan". Sekalipun kita sudah terus diing...
02 Apr 2020
Ketika mendengar kata inklusif, apa yang terbersit di pikiran para pembaca? Tidak, atau merupakan la...
02 Apr 2020
Pada suatu hari, aku iseng saja membereskan kamar. Aku iseng pula membaca beberapa komik lama sampai...
02 Apr 2020
Hai Ignite PeopleHope this article finds you well.Saya berharap kita semua dalam keadaan sehat dan y...
01 Apr 2020
Keputusan pemerintah untuk menganjurkan masyarakat Indonesia (khususnya kota-kota yang warganya ada...
31 Mar 2020
Mungkin kita jarang mendengar kata-kata “Toxic Family”. Mari kita lihat dari sudut panda...
31 Mar 2020
"Kakak-kakak, nanti jangan banyak bersentuhan dengan adik-adik sekolah minggunya ya. Kita lagi...
26 Mar 2020
aku rindu ibukotabukan rindu macetnyabukan pula rindu polusinyaapalagi rindu monasaku rindu pada yan...
26 Mar 2020
Ya, betul, anda tidak salah membacanya, judul di atas bukan merupakan umpan atau clickbait. Saya mem...
26 Mar 2020
Pertama kali membaca artikel tentang virus baru yang menyerang warga China, khususnya di kota Wuhan,...
25 Mar 2020
         Sebelum kasus Virus Covid-19 merebak di Indonesia, saya sudah menj...
25 Mar 2020
Aku terlahir dalam keluarga Chinese yang tidak pernah menunjukkan kasih sayangnya secara gambla...
25 Mar 2020
Sebenarnya dalam beberapa hal, mamaku bukanlah seseorang yang perfeksionis. Contohnya, barang-barang...
25 Mar 2020
COVID-19, disebabkan oleh virus yang bernama SARS-CoV-2. Virus yang bersaudara dengan virus penyebab...
20 Mar 2020
Akhir pekan ini, tampak berbeda dari biasanya, di mana saya biasanya beraktivitas di luar rumah meng...
20 Mar 2020
          Tulisan ini merupakan tulisan ringan yang membantu teman-tem...
19 Mar 2020
Membaca dua perspektif yang berbeda dari Sobat Anonim dan Isac Abimanyu membuat tangan ini gatal unt...
18 Mar 2020
Saya terlahir di sebuah keluarga sederhana yang tinggal di pinggiran kota Jakarta 23 tahun silam. Na...
18 Mar 2020
Di zaman yang sudah serba canggih ini, banyak dari kita yang juga menjadi pengguna setia aplika...
18 Mar 2020
Dulu saat masih bersekolah, aku sering iri melihat teman-temanku yang telah memiliki pasangan masing...
17 Mar 2020
Bekerja dimanapun tempatnya adalah sebuah  pilihan. Bahkan setiap orang punya hak untuk memilih...
16 Mar 2020
Kita pasti sadar, bahwa 'kata hati' di dalam kehidupan kita ini kayaknya krusial banget dan...
16 Mar 2020
Namun bagaimana jika ‘hari yang kedua’ itu seperti tak kunjung tiba, sedangkan segenap k...
16 Mar 2020
Minggu, 18 November 2001 merupakan tanggal ketika saya dibaptis dan mengaku percaya. Waktu itu saya...
16 Mar 2020
Penulis artikel "AWAS CORONA!!! Dilarang Bersalaman di Gereja" tidak setuju dengan pelaran...
13 Mar 2020
Kemungkinan besar "salaman" atau "bersalaman" berakar dari bahasa Yunani yang ar...
13 Mar 2020
Akhir-akhir ini dunia dihebohkan dengan adanya virus Corona. Awalnya, orang Indonesia masih cukup co...
13 Mar 2020
“Katanya Jogja itu terbuat dari rindu, sedangkan mantan itu terbuat dari kangen, makanya kalo...
12 Mar 2020
Sebenarnya, sudah sejak lama sekali ada sebuah perumpamaan dalam injil yang mengusik saya. Perumpama...
12 Mar 2020
Sebuah lagu yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita berjudul Mau Dibawa Kemana milik Armada, berc...
12 Mar 2020
Hari itu merupakan hari yang cukup membosankan, beruntungnya aku memiliki dosen yang suka mengisi ku...
04 Mar 2020
Pernah nggak sih, temen-temen berada dalam suatu komunitas atau organisasi, lalu merasa nggak betah...
01 Mar 2020
Beberapa selebgram yang saya ikuti di akun instagram banyak sekali menyuarakan tentang branding...
01 Mar 2020
Hari ini beranda Instagramku masih penuh dengan snapgram coklat, bunga, dan video dinner romantis a...
01 Mar 2020
Bagi teman-teman yang pernah menikmati kehidupan asrama, tentu tidak asing dong, dengan jadwal piket...
29 Feb 2020
Kita tentu mau hidup ini berjalan mulus, tanpa masalah, sukses, semua baik, dan lainnya. Tapi pada k...
29 Feb 2020
Beberapa orang mungkin pernah mengalami relationship yang gagal. Entah itu dengan orangtua atau deng...
19 Feb 2020
Halo IGNITE People!Mungkin beberapa dari kalian pernah membaca buku The 7 Habits of Highly Effective...
19 Feb 2020
Berpisah itu menyakitkan! Apalagi mencintainya dalam diam dan hanya memandangi dari kejauhan. Bukan...
19 Feb 2020
Akhir-akhir ini, saya sedang suka main game bercocok tanam. Asyik sekali rasanya seperti punya perta...
19 Feb 2020
Saya ingin berbagi cerita tentang pengalaman saya yang pernah berada dalam toxic relationship. Saya...
19 Feb 2020
Akhirnya kita masuk ke bulan Februari, bulan yang katanya penuh dengan cinta. Sebenarnya tulisan ini...
19 Feb 2020
Melayani Tuhan bukan perkara mudah. Jika kita masih berpikir bahwa itu hanyalah persoalan bagaimana...
15 Feb 2020
"Gak guna banget sih kamu! Ah dasar ngerepotin aja kerjaannya! Hidup kok nyusahin orang terus!...
15 Feb 2020
Mungkin, aku orang yang B aja kalau menghadapi Tahun Baru. Mungkin, aku masuk dalam kategori orang y...
15 Feb 2020
Aku tahu itu tidak mudah. Kamu mungkin sedang berada di masa-masa yang sulit atau saat-saat yang beg...
15 Feb 2020
Coba pikirkan, apa yang akan kita (which means aku dan kamu) lakukan saat seorang yang kamu kenal, e...
15 Feb 2020
Siapa yang nggak tau dengan kata-kata “blusukan”? Yup, kosakata ini memang sudah familie...
07 Feb 2020
Ada begitu banyak orang yang tumbuh dengan oleh-oleh masa lalu kelam; akibat banyaknya kesalahan ora...
01 Feb 2020
Seberapa buruk sih, kegagalan menurut kalian? Pastinya itu dipandang sebagai hal yang kurang bisa di...
01 Feb 2020
When I was just a little boy,I asked my mother, "What will I be?Will I be handsome?Will I be ri...
01 Feb 2020
Tidak ada hubungan yang imun dari konflik atau pertengkaran. Bayangkan, dua orang dari keluarga dan...
29 Jan 2020
Suatu sore teman saya bertanya dengan nada kuatir, apakah segala karyanya akan benar-benar berguna a...
29 Jan 2020
Tak jarang kita berdoa dan bertanya, "Tuhan, apakah dia orang yang tepat?"Mungkin banyak d...
29 Jan 2020
Orang yang tersakiti cenderung juga akan menyakiti secara sadar ataupun tanpa disadari.Aku pernah te...
26 Jan 2020
Komparasi. Media sosial dan arus informasi yang serba cepat berbanding lurus dengan kecepatan kita m...
26 Jan 2020
DISCLAIMER : 18 TAHUN KEATAS (Semua tokoh di bawah menggunakan nama samaran)Ketika membaca ed-letter...
20 Jan 2020
Adakah seseorang yang menyukai kegagalan? Pertanyaan bodoh ini muncul seketika dalam benakku. Rasa-r...
15 Jan 2020
Kesalahan terbesar banyak orang yang mengaku Kristen adalah berpikir bahwa keberadaannya atau keadaa...
15 Jan 2020
Hedonisme sering kali dianggap sebagai ‘musuh’ yang harus dihindari dan dilawan. Hedonis...
15 Jan 2020
In collaboration with Ari SetiawanBaru selesai dinas sebagai Panitia Natal beberapa waktu lalu, mera...
08 Jan 2020
YESUS dan Wong Cilik – Sedikit termenung ketika mendapati tema Editor Letter Ignite kali...
08 Jan 2020
24 Desember 2009.Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu pun tiba. Pagi hari itu, dengan perasaan sukacit...
05 Jan 2020
Collaboration between Priska Aprilia, Danish Andrian, Shania Antresha & Marcella Leticia SalimJi...
05 Jan 2020
Memasuki tahun yang baru, setiap orang tentu memiliki pelajarannya masing-masing. Setiap orang tentu...
05 Jan 2020
Berbagi buatku adalah sebuah kesukaan, karena dari berbagi kutemukan kebermaknaan. Makna yang mendal...
04 Jan 2020
Sejak kecil saya senang mengikuti beberapa animasi bertemakan magis. Khususnya yang menampilkan gamb...
23 Dec 2019
Saya bisa meyakinkan kita semua, kita tidak sedang baik-baik saja. Misalnya berita bunuh diri b...
16 Dec 2019
Kalian pasti pernah dengar ucapan-ucapan di atas, atau mungkin kalian juga berharap untuk bisa berpa...
06 Dec 2019
Sobat, pernah ngga sih kalian merasa ketika kalian berpelayanan, ada yang berkomentar pedas atas pel...
30 Nov 2019
Pernah mendengar atau membaca ungkapan pada gambar ini? Sebuah ungkapan yang melegakan bagi orang-or...
30 Nov 2019
Pertama kali saya menjejakkan kaki di Guang Zhou, saya terkejut mendapati langitnya yang berwarna ke...
30 Nov 2019
Pernahkah kita merasa tidak berarti? Mungkin terpikir, "Kalau nggak ada aku di dunia ini, kayan...
24 Nov 2019
Semua orang setuju kan, kalau kita berhak untuk merasa bahagia?Terus? Apa lagi yang perlu dibahas?Ap...
24 Nov 2019
Yesus menjawab dan berkata kepadanya, "Jika seseorang mengasihi Aku, dia akan menuruti firman-K...
24 Nov 2019
Aku menulis ini di dalam sebuah kereta yang membawaku kembali pulang. Aku baru saja selesai menikmat...
18 Nov 2019
Halusinogen Pesiar Kaya RayaSaya punya pengalaman buruk dengan MLM. Soal cara pendekatan yang berpot...
18 Nov 2019
Disclaimer: Well, saya rasa ini merupakan artikel tergelap yang pernah saya tulis. Jika tidak s...
18 Nov 2019
“Aduh, keknya gue gendutan ya!?”“Mukaku kok, jerawatan terus, sih!?”“A...
16 Nov 2019
Ungkapan-ungkapan di atas mungkin pernah terdengar dalam komunitas anak muda #10 (baca: Kristen), ba...
16 Nov 2019
Tulisan ini merupakan tulisan ringan yang membantu teman-teman semua dalam merancang sebuah ibadah r...
15 Nov 2019
1 Korintus 15 : 33-34"Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik...
14 Nov 2019
Halo, semuanya! Jika kalian membaca artikel ini saat weekend, maka selamat menggunakan weekend ...
28 Oct 2019
Sering kali dalam kehidupan, kita memiliki sesuatu yang kita idolakan. Hal ini tidak salah. Sebagai...
28 Oct 2019
Saya tidak mengikuti apakah permasalahan tersebut pro atau kontra terhadap undang-undang karena akan...
22 Oct 2019
Suatu hari, Robinson Crusoe dan ayam-ayamnya terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni. Karena tidak...
22 Oct 2019
Disadari atau tidak, kalimat-kalimat serupa sering terlontar ketika kita lupa membawa gawai (alias g...
22 Oct 2019
Beberapa tahun lalu, saya mengerjakan penulisan untuk sebuah majalah ‘untuk kalangan Kris...
09 Oct 2019
Hi, Ignite people!Pernah cabut pelajaran karena ikut-ikutan temen? Atau mungkin ikut pelayanan sebag...
05 Oct 2019
Saya beri ilustrasi seperti berikut. Kalian sedang bersantai sambil menikmati sore hari lalu membuka...
29 Sep 2019
Siapa sih di antara kita yang tidak ingin diterima oleh komunitas, mempunyai banyak teman, menjadi p...
29 Sep 2019
Saya bukan orang yang layak untuk bicara tentang politik. Selain memang bukan lulusan di bidang poli...
27 Sep 2019
Halo teman, hari-hari ini sosmed kita rame banget ya. Apalagi soal demo yang motif dan tujuannya mac...
27 Sep 2019
Siapa yang tidak gentar melihat kondisi Indonesia pekan ini...  demonstrasi yang digerakkan mah...
25 Sep 2019
Salah seorang sahabat saya baru saja melangsungkan pernikahan. Tema pernikahan yang dibuatnya adalah...
23 Sep 2019
Jujur saja, tema bulan ini menggelitik saya. Bisa jadi inilah fenomena milenial masa kini. Tapi izin...
23 Sep 2019
*in collaboration with Olivia Elena Hakim.Sepanjang tahun 2016-2019, kita kerap membaca berita...
18 Sep 2019
Sebagian besar di antara kita menginginkan bisa berada di tempat yang kita inginkan atau kita impika...
18 Sep 2019
Setelah membaca judul ini beberapa orang mulai mengirimkan surat yang mempertanyakan kredibilitas ed...
09 Sep 2019
Gereja bukanlah gedungnya,dan bukan pula menaranya.Bukalah pintunya, lihat di dalamnyaGereja adalah...
09 Sep 2019
Ku mau cinta Yesus selamanya.Ku mau cinta Yesus selamanya.Meskipun badai silih berganti dalam hidupk...
09 Sep 2019
Menjawab pertanyaan ketiga sekaligus terakhir mengenai pelayanan saya, izinkan saya melanjutkan kisa...
06 Sep 2019
(Jika ingin mengakses artikel sebelumnya, klik di sini)Semakin saya menyadari bahwa pelayanan dan ke...
06 Sep 2019
Dalam suatu titik tertentu dalam hidup, saya mengalami keletihan rohani selama bergereja dan berpela...
06 Sep 2019
Sang Dwiwarna dikibarkan hampir di seluruh wilayah perkantoran dan sekolah. Tak mau tertinggal, gaun...
06 Sep 2019
Bagi sebagian orang, melayani merupakan hal yang menyenangkan, apalagi bisa dilakukan bersama teman-...
06 Sep 2019
Berbicara mengenai gereja, ada satu pengalaman yang amat berkesan dalam hidup saya. Pengalaman inila...
31 Aug 2019
Aku muak dengan para manusia suci yang hanya peduli pada dirinya sendiri.Malahan aku kagum dengan ka...
31 Aug 2019
Di suatu Minggu siang, seperti biasanya, saya sibuk mondar-mandir di ruang ibadah untuk mempersiapka...
31 Aug 2019
Menjengkelkan, bukan? Niatnya mendapatkan gombalan romantis tapi yang didapat malah bahan candaan. B...
31 Aug 2019
Bicara mengenai Barisan Sakit Hati, mungkin hampir setiap kita pernah mengalaminya; rasanya topik in...
25 Aug 2019
Sebuah film yang bagus akan terasa menyenangkan jika dinikmati di tempat yang nyaman. Sebut saja XXI...
21 Aug 2019
Betapa saya bersyukur ketika menyadari bahwa saya dibawa Tuhan untuk berada di tengah-tengah komunit...
21 Aug 2019
Bulan ini, Ignite GKI sedang membahas serba-serbi gereja. Bagiku, seiring dengan beredarnya akun-aku...
17 Aug 2019
Pagi ini, sebelum ada yang datang, lelaki itu sudah tiba, mendirikan motornya, membuka pagar, mengge...
17 Aug 2019
Saya ingin membuka tulisan ini dengan sebuah pengakuan. Ketika membaca judul Ed-Letter bulan Agustus...
17 Aug 2019
Pilih yang Mana…?Pilih pacar atau adik?Pilih melakukan ini atau itu?Pilih dia atau d...
15 Aug 2019
Kalau ada yang bertanya padaku sosok yang sangat menginspirasi hidupku, aku akan menjawab, “Se...
15 Aug 2019
Pelayan Tuhan menjadi salah satu faktor yang sangat melekat di dalam berjalannya ibadah Minggu&mdash...
15 Aug 2019
"Kamu agama apa?""Aku Kristen."Percakapan kita sudah menunjukan bagaimana kita m...
15 Aug 2019
Ayat di atas adalah ayat yang aku lihat di halaman terakhir warta gereja. Setiap kali aku mengambil...
15 Aug 2019
Ada beberapa pertimbangan yang membuatku harus merelakan impian yang sangat ingin kuraih dan memilih...
10 Aug 2019
Image by Lily Elserisa (Personal Assets)Tulisan tersebut ditempelkan di dinding pinggir jalan yang...
03 Aug 2019
Di suatu malam, Claudia Tio Elleossa, atau yang dikenal Adis, memberikan pertanyaan bagi follower te...
03 Aug 2019
Pernahkah kalian membuat suatu rencana, semua berjalan dengan baik sampai satu titik tiba-tiba renca...
03 Aug 2019
Penggalan lirik lagu Sekolah Minggu yang sangat melegakan hati bukan? Ya saat Sekolah Minggu, kata &...
03 Aug 2019
Satu kisah menarik kembali kudengar. Cerita kali ini datang dari seorang teman yang cukup dekat deng...
03 Aug 2019
Lapas? Penjara? Kok mau sih lihat orang-orang disana? Gak takut? Hih.. Hati-hati ya, banyak orang ja...
02 Aug 2019
Aku Mencintai Aku Apa Adanya"Aku mencintai aku?"Yuppp!Kita mungkin lebih sering mendengar...
23 Jul 2019
Sejak kehadiran aplikasi ini, Instagram mengubah kebiasaan banyak orang. Kemunculannya di tahun 2010...
23 Jul 2019
Lion King: Who Am I?“Who are you?” tanya Rafiki, si babun kepada Simba.“I am nobo...
23 Jul 2019
Tahun lalu aku mulai berkenalan dengan salah satu rekan kerja dengan karakter yang sangat unik, ting...
22 Jul 2019
Hidup di era terkini nampaknya seperti sebuah koin yang memiliki dua sisi. Di satu sisi menjadi jemb...
22 Jul 2019
Ibadah merupakan sebuah acara atau event, pusat berkumpulnya umat Kristen yang pasti dilakukan...
22 Jul 2019
Apa sih perasaannya kala itu?Saya sendiri bahkan tidak tahu apa yang saya rasakan. Saya tidak bahagi...
15 Jul 2019
Purwokerto, 9 Juli 2019Shalom,Damai Sejahtera bagi kamu,Halo Nat, lama kita ngga berjumpa. Gima...
15 Jul 2019
Water covers 70% of our planet and it is easy to think that it will always be plentiful and will not...
15 Jul 2019
Aku lahir dari keluarga Kristen, yang cenderung aktif melayani di gereja. Masa kecilku dan saudaraku...
15 Jul 2019
Tubuh dalam istilah "Men sana in corpore sano" dapat diibaratkan seperti sebuah lagu. Dala...
15 Jul 2019
Intensitas pertemuan dengan seseorang bisa mengarah pada dua hal: menjadi semakin mudah bergesekan,...
15 Jul 2019
Sebuah chat dari seorang sahabat beberapa hari lalu adalah salah satu starter pack mengenai kehidupa...
15 Jul 2019
Ini merupakan tulisan ringan yang membantu teman-teman semua dalam merancang sebuah ibadah remaja/pe...
09 Jul 2019
Sekali lagi, sebuah karya epik dihasilkan oleh negeri ginseng. Parasite, sebuah film garapan Boong J...
09 Jul 2019
Ketika sedang ‘remaja banget’ dan harus menghadapi kenyataan bahwa kulit saya yang selem...
09 Jul 2019
Terkadang Tuhan mengizinkan keraguan terjadi di dalam hidup kita, agar kita bisa sadar dan berserah...
07 Jul 2019
Dalam kadar yang cukup tinggi, saya dulu punya kebencian untuk papa saya. Itu jelas bukan sebuah sta...
01 Jul 2019
Ketika libur lebaran kemarin, saya dan keluarga berkumpul dan bersilaturahmi. Banyak sekali yang dib...
29 Jun 2019
Kita pasti ingat dengan istilah “remah–remah rengginang” atau “remah–r...
29 Jun 2019
Mama: "Ikut mama latihan koor di gereja yuk""Ikut doa lingkungan yuk""...
29 Jun 2019
“Kamu kalau makan bubur diaduk?” “Iya, kamu juga?”“Iyaa, aku her...
29 Jun 2019
Seseorang berkata kepadaku minggu lalu, bahwa aku harus memaafkan orang itu sekarang. Lalu aku...
29 Jun 2019
 Long story short, aku yang berkuliah di Jurusan Psikologi sudah ingin sekali melanjutkan...
24 Jun 2019
Momen Lebaran, bagi masyarakat Indonesia, merupakan hajatan terbesar kedua di tahun 2019, setelah pe...
21 Jun 2019
Branding pada dasarnya adalah sebuah usaha yang masuk dalam strategi marketing. Banyak sumber yang m...
19 Jun 2019
“Sekarang kamu lagi deket sama siapa?” tanya seorang rekan beberapa waktu lalu. Sebelum...
17 Jun 2019
Bob Harris’ raspy voice echoed around the walls of the quiet hotel room. Charlotte turned her...
16 Jun 2019
Beware: Ini bisa jadi spoiler film Aladdin. Silakan tutup artikel ini kalau merasa akan terkena...
12 Jun 2019
Pernah nggak sih dengar sebuah statement bahwa apa yang kamu lakuin itu nggak akan berguna di masa d...
11 Jun 2019
Masih teringat jelas bagaimana lelahnya mendaki gunung, namun kuberanikan diri menguji kembali usia...
06 Jun 2019
Yogyakarta, 23 Mei 2019Kepada seluruh mahasiswa di tanah air,Di depan laptop ataupun gadget kalian.S...
05 Jun 2019
Pagi ini, penyertaan-Nya tetap terasa. Angin semilir masih menghembus lembut rambut yang memahkotai...
05 Jun 2019
Aku sekarang sedang dalam masa mengarungi bahtera dunia pekerjaan. Ada banyak rasa yang kuhadapi: Pe...
05 Jun 2019
Sebagai orang Kristen, percaya kepada Kristus adalah hal yang lazim, dan terlibat dalam berbagai rit...
28 May 2019
Ya, orang yang suicidal umumnya dicurigai hanya sedang (dan senang) mencari perhatian. Kalangan pers...
25 May 2019
Kalau hidup ibarat pertandingan sepak bola yang berakhir ketika peluit dibunyikan wasit, bagaimana...
25 May 2019
Masih semarak perayaan tahun baru. Setiap orang membicarakan resolusi dan mulai bermimpi untuk mengg...
25 May 2019
Aku tergolong remaja yang cukup sering hadir di komisi remaja, tapi ya sama saja. Banyak hadir tanpa...
25 May 2019
Sebetulnya, reaksi kita terhadap Hasil Rekapitulasi Pemilu 2019 sudah disampaikan dengan sangat baik...
25 May 2019
Pemuda dari Gereja A bertemu dengan pemudi dari Gereja B di sebuah acara Komisi Pemuda; yang satu pe...
25 May 2019
Dalam risetnya tahun 2015, Pew Research Global Attitudes menempatkan Indonesia di peringkat tig...
23 May 2019
“Kamu yakin engga ikut resign? Rumah sakit ini akan bangkrut loh?” kata seorang teman di...
22 May 2019
“Swing low, sweet chariotComing for to carry me homeSwing low, sweet chariotComing for to carr...
18 May 2019
Belakangan ini sering terjadi perdebatan, bahkan perpecahan dari kedua kubu politik dimana para pend...
18 May 2019
Kita, sebagai manusia, pasti mempunyai rencana dalam hidup; mulai dari bangun pagi sampai kita kemba...
18 May 2019
“Jomblo perak” adalah predikat yang sungguh saya banggakan. 25 tahun hidup tanpa pernah...
16 May 2019
Beberapa waktu lalu, seantero negeri gempar. Pagi itu, di saat orang-orang sedang menikmati waktu li...
16 May 2019
Penjelasan Kamus Besar Bahasa Indonesia ini memaparkan dua kata yang mungkin membuat sebagian orang...
16 May 2019
Hampir setiap saat kita dihadapkan pada pilihan. Mulai dari pilihan sederhana seperti memilih rute p...
16 May 2019
Kita gemar singgah pada tautan yang memberikan penjelasan tentang diri kita. Bahkan dihubungkan deng...
16 May 2019
Pemeliharaan Allah. Providensia.Ketika berbicara pemeliharaan-Nya, aku sering memikirkan mengenai ba...
16 May 2019
Aku tak tahu, apakah itu sebuah lelucon atau hal yang serius, yang aku tahu, itu teka-teki. Sebuah t...
16 May 2019
Beberapa bulan lalu, seorang temanku yang ateis bercerita bahwa dia dibesarkan di keluarga Katolik n...
16 May 2019
Kutipan di atas merupakan sebuah kutipan yang cukup populer dari Tan Malaka. Kutipan tersebut merupa...
16 May 2019
Hari itu aku sedang asik-asiknya mencela diriku sendiri di tengah kebosananku bekerja. Di jam istira...
16 May 2019
Ah, Februari. Bulan kasih sayang, katanya. Saat yang tepat untuk bicara cinta serta romansa yang had...
16 May 2019
Tahun baru adalah kecerian bagi banyak orang dengan harapan baru yang lebih baik. Semua orang pasti...
16 May 2019
Kutipan di atas kudapat dari novel karangan Eka Kurniawan yang berjudul “Seperti Dendam, Rindu...
16 May 2019
Tahun ini negara kita disibukkan dengan berbagai persiapan. Persiapan perayaan HUT RI di setiap wila...
16 May 2019
Suatu hari seorang teman datang padaku dan menceritakan kisah cinta yang sedang ia jalani.Ia menutur...
16 May 2019
Rasanya terlalu egois untuk terus membahas Better Day(s) semata untuk diri sendiri. Di tengah panas...
16 May 2019
“Tuhan, mauMu apa sih?”“Tuhan, bener gak sih jalan hidupku gini?”“Tuha...
16 May 2019
When I was a kid, I often fell and it left me with several memorable scars. Every time I see my scar...
16 May 2019
Setiap orang punya mimpi-mimpi yang ingin diraih dalam hidupnya. Psikologi modern dan beberapa tips...
16 May 2019
Itu adalah sebuah potongan kalimat dari Hesher (dalam film HESHER,2010), seorang metalhead aneh yang...
16 May 2019
Tahun politik sudah di ambang pintu. Kurang dari enam bulan lagi, kita akan melihat Indonesia disibu...
16 May 2019
      Dalam rutinitas hidup yang padat, di tengah sederet ambisi diri yang terus memi...
16 May 2019
Kalian setuju tidak, kalau menunggu adalah kegiatan yang membosankan? Kita hanya bisa menunggu tanpa...
16 May 2019
Beberapa hari yang lalu, isu yang seksi itu kembali “digoreng”. Intoleransi dan persekus...
16 May 2019
Hidup itu harus bercahaya dan benderang. Jika tidak bercahaya, tidak hidup. Masalahnya, dunia sekara...
16 May 2019
Aku menggandeng tangannya erat siang itu, di bawah terik mentari, saat kami baru saja pulang dari wa...
16 May 2019
  Potongan lirik lagu di atas pasti sudah dikenal oleh sebagian besar orang yang membaca tulisa...
16 May 2019
It is easy to make assumptions. Psychologists say that assumptions come from our brain's tendenc...
16 May 2019
Beberapa minggu yang lalu saya melihat seorang perempuan di kantin kampus, sepertinya ia adalah maha...
16 May 2019
7 September lalu, beberapa rekan yang terlibat dalam aktivisme hukum serta Hak Asasi Manusia (HAM) m...
16 May 2019
Pada tahun 2011, sempat trending sebuah istilah dalam bahasa Inggris, “YOLO”, yang artin...
16 May 2019
Hari itu aku mengambil tes kesehatan mental sesuai permintaan psikiaterku. Saat hasil tes sudah kelu...
16 May 2019
Ketika membaca editorial letter bulan ini, saya teringat satu kisah pada masa lampau. Bukan ingatan...
16 May 2019
“Tak Apa Jadi Cina, Asal Berguna”, begitu judul dari sepotong tulisan yang kudapat dari...
16 May 2019
Pertanyaan demikian tidak luput menghampiriku di masa penantian. Jawabannya seakan penuh misteri hin...
16 May 2019
Doni merasa tidak enak badan sejak kemarin Jumat. Sudah tiga hari mukanya pucat dan keadaannya semak...
16 May 2019
Delapan setengah tahun yang lalu Tuhan memanggil pulang papa.Sejak saat itu banyak pergulatan di ben...
16 May 2019
Ada dua hal yang saya tidak suka dalam menunggu. Yang pertama adalah apabila saya tidak dapat mengus...
16 May 2019
I can’t count anymore on how many times I have quoted that line written by a Malawian poet, Up...
15 May 2019
Kupandang sebuah foto perkumpulan remaja pemuda di tahun 2009 dengan perasaan haru teringat hangatny...
15 May 2019
Masih teringat jelas dalam ingatan, hari ketika saya dan seorang teman duduk di pinggir taman kampus...
15 May 2019
Museum MACAN dan Yayoi Kusama. Mungkin dua nama ini pernah kita dengar. Ya, Museum MACAN adalah sebu...
15 May 2019
Banyak perkara yang tak dapat kumengerti mengapakah harus terjadidi dalam kehidupan iniSatu perkara...
15 May 2019
Malam itu, saya menonton berita di televisi. Siaran live breaking news mengabarkan lima jenazah...
15 May 2019
Beberapa waktu lalu, salah satu grup Whatsapp saya heboh karena seorang anggotanya diserang di media...
15 May 2019
Yo yo ayo… yo ayo Yo yo ayo… yo ayoYo yo ayo.. kita datang kita raih kita menang..Kala...
15 May 2019
Penghujung tahun selalu jadi waktu yang tepat untuk mulai kembali menyusun target, menata rencana ya...
15 May 2019
Peperangan di Indonesia jelas berbeda dengan bentuk pertempuran di Suriah. Jika di sana penuh dengan...
15 May 2019
Guys, saya sangat tersentuh dengan quote di atas yang disampaikan oleh Billy Simpson dalam sebuah se...
15 May 2019
Dalam perjalanan hidup, kita bersinggungan dengan banyak orang. Entah mereka yang akan menetap dan t...
15 May 2019
Tahun 2019 baru berjalan beberapa hari. Masih ada ratusan hari lagi yang harus kita lalui dengan seg...
15 May 2019
For as long as I could remember, I misunderstood inferiority as humility. I had a lot of insecu...
15 May 2019
Memutuskan keluar dari sebuah pekerjaan yang nyaman adalah bentuk menantang diri. Begitu menurut gad...
15 May 2019
Setiap satu minggu sekali, morning report di rumah sakit tempat saya menjalani internship dulu selal...
15 May 2019
Cerita kita selalu dimulai dengan suara tangisan pertama sebagai penanda awal dari sebuah kehidupan...
15 May 2019
A desperate drownTwo years of clerkship and one year of internship at the hospital made me believe t...
15 May 2019
Sebuah jawaban singkat itu telah menjadi dasar banyak perjuangan saya. Secara definisi, perjuangan a...
15 May 2019
Sore itu saya terdiam sendiri, mengetahui ada sekumpulan orang yang berteriak-teriak di luar pintu g...
15 May 2019
Menjadi seorang hamba Tuhan bukan artinya menjadi seorang Gatotkaca yang sangat kuat. Hamba Tuhan ju...
15 May 2019
Lagu yang disenandungkan sebagai pujian penutup Pendalaman Alkitab (PA) Pemuda Klasis Jakarta 2 ini...
15 May 2019
Bukankah pencarian pasangan hidup seharusnya menjadi pencarian penuh penantian akan seseorang yang d...
15 May 2019
Jakarta, Agustus 2018Ada yang banyak alasan orang putus – dan gue orang yang sering banget ken...
11 May 2019
      Beberapa pekan lalu pertelevisian Indonesia dihebohkan oleh beberapa artis seni...
11 May 2019
Is this the real life? Is this just fantasy?Caught in a landslide, no escape from reality Bohem...
11 May 2019
  Yap, kadang kita merasa cinta manusia pun dibatasi waktu. Dalam fase relasi jarak jauh contoh...
11 May 2019
Hiruk pikuk dunia zaman sekarang telah menguasai hati dan pikiran manusia. Rasanya, tak bisa lagi ki...
11 May 2019
Everyone has a basic, important need to feel safe. We can see it from a cute perspective, like a bab...
11 May 2019
I come to realize the true meaning of friendship after series of unfortunate events, probably ever s...
11 May 2019
Saya mencoba mengumpulkan alasan-alasan yang paling sering diungkapkan oleh pemuda-pemudi Kristen da...
11 May 2019
Saya selalu merasa diri saya adalah seseorang yang tidak pernah berhasil dalam apapun yang saya kerj...
11 May 2019
Seorang pria muda dibawa masuk dengan tergesa-gesa oleh beberapa orang perawat ke dalam ruang Instal...
11 May 2019
Ketika seseorang menghadapi masalah, kebanyakan akan bertanya: “sampai kapan?” Baik tent...
09 May 2019
Beberapa waktu yang lalu media sosial mulai diramaikan oleh sebuah akun yang bernama Nanti Kita Samb...
09 May 2019
Dalam sebuah perjalanan menuju luar kota, saya bercengkerama di mobil dengan salah seorang teman yan...
09 May 2019
Memiliki pasangan dan menjalin sebuah relasi nampaknya menjadi keinginan bagi banyak orang, namun ti...
09 May 2019
Ketundukan dan ketaatan merupakan sikap hidup yang Allah kehendaki untuk kita lakukan. Setidaknya it...
09 May 2019
Muliakanlah, muliakanlah Tuhan Allah, Tuhan Allah, Mahatinggi! Damai sejahtra, turun ke bumi Bagi or...
09 May 2019
Berbicara tentang Natal, tentu kita juga akan membahas para tokoh yang ada menjelang kelahiran Yesus...
09 May 2019
Seorang dengan penguasaan diri yang baik akan membuat keputusan dengan baik, hingga akhirnya ia mamp...
09 May 2019
Kurang lebih satu atau dua tahun yang lalu, saya membuat snapgram yang saya abadikan di highlight ak...
09 May 2019
Move on merupakan hal yang sulit bagi sebagian orang, terutama dari kisah yang buruk. Misalnya saja...
09 May 2019
Menengok dari keterbukaan anak muda GKI masa kini pada pemilu 2014 silam, bagi saya ini adalah sebua...
09 May 2019
Apakah kamu pernah berpikir di-P.H.P. oleh Tuhan karena tak segera mendapatkan jawaban atas doamu? A...
09 May 2019
Kasih menjadi konten vital yang memberi warna dalam kehidupan setiap orang. Perasaan dikasihi membua...
07 May 2019
Di kampus X, terdapat obrolan hangat tentang A yang baru saja ditembak oleh C, salah satu gitaris ya...
07 May 2019
Bukan, ini bukan artikel untuk menelaah lagunya Tulus. Tapi ulasan berikut mungkin akan membuat kita...
07 May 2019
Satu tahun lalu, akhirnya aku mulai mengamini pernyataan yang sering bertebaran di linimasa. Pernyat...
07 May 2019
Aku yakin ada banyak ulasan mengenai “bagaimana mencari pasangan hidup yang tepat”, &ldq...
07 May 2019
Sekitar pertengahan Februari, saya mendapatkan curhatan dari anak rohani saya. Diawali dengan pertan...
07 May 2019
Sungguh lembut Tuhan Yesus memanggil, memanggil aku dan kau…“Lho kok, lagu ini nyasar k...
07 May 2019
Setiap orang tentu punya rencana, punya impian, dan harapan yang ingin diraih bersama orang yang dik...
06 May 2019
Menengok dari keterbukaan anak muda GKI masa kini pada pemilu 2014 silam, bagi saya ini adalah sebua...
28 Apr 2019
Orang mana yang tidak kenal Setya Novanto? Ketua DPR RI periode 2014-2019 yang terkenal dengan pangg...
25 Apr 2019
Buat yang sudah nonton film atau membaca novel Dilan 1990 mungkin ingat akan penggalan gombalan di a...
25 Apr 2019
Dalam mencintai, luka adalah sebuah keniscayaan. Semakin saya menjalani profesi sebagai guru, dan kh...
25 Apr 2019
“Kamu sering nyanyi di kamar mandi?”, tanya sang pelatih vokal. “Sering kak, kenap...
25 Apr 2019
Sebut saja namanya Budi. Ia adalah salah satu dari sekian banyak ‘mantan pacar’ gereja s...
17 Apr 2019
Hari itu terasa sangat biasa dan inosen (tadinya). Saya sedang mengikuti kelas yoga, mendadak mata s...
17 Apr 2019
Satu kali dalam kelas kursus Bisnis & Manajemen yang saya ikuti di gereja, dipaparkan fakta bahw...
17 Apr 2019
Karya: Finki Rianto Kantohe Setiap orang tentu punya rencana, punya impian, dan harapan yang in...
17 Apr 2019
Dulu ketika masih SMP, ada masanya aku suka sekali dengan momen Pra-Paskah. Kenapa? Karena di sekola...
11 Apr 2019
Kepentingan Golongan dan PemiluSaya akan mulai dengan ini: tidak mengherankan bila seseorang memilih...
08 Apr 2019
Pasti kita semua pernah mendengar kalimat ini: 'We should always be kind'. Yaa.. kalimat itu...
29 Jun 2020
“Ngapain sih kita kumpul-kumpul?”Begitu biasanya jika aku sudah ketus menghadapi ketidak...
25 Jun 2020
“Ra, tadi Dita titip pesan, katanya sehabis kamu kelas nanti, Dita mau ketemu sama kamu. Ada h...
16 Jun 2020
Sebuah percakapan imajiner antara seorang pemuda dengan Tuhan.P: “Tuhan, sebenarnya Engkau sed...
10 Jun 2020
Hari ini Luna berulang tahun, ulang tahun kesekian yang tidak perlu disebutkan berapa angkanya. Seda...
06 Apr 2020
         Dulu aku seorang pemabuk dan pengguna obat-obatan terlarang. Aku j...
28 Feb 2020
“Bang, elu kan programmer. Bikinin kita app dong!”“Set dah! Ngapa mikir gituan? Bu...
29 Jan 2020
Apa yang terbesit di benakmu saat hujan tiba?Banyak orang menghubungkan hujan dengan kenangan di mas...
15 Jan 2020
Dia adalah satu-satunya orang yang tak bertanda salib di gereja itu. Orang-orang di situ, baik lelak...
25 Aug 2019
Ada seorang yang babak-belur karena ditipu investasi bodong. Sebagian besar tabungannya habis tanpa...
02 Aug 2019
“Tuhan Yesus, Malam ini Jane mengucap syukur atas penyertaan yang telah Engkau berikan sepanja...
31 Jul 2019
Alfred menatap langit dengan dahi berkerut. Masih sekitar 10 menit jalan kaki dari jembatan busway k...
15 Jul 2019
Tuhan, ini aku, Bumi, planet yang Kau sayang Atau benci, entahlahTuhan, sejujurnya aku benar-be...
15 Jul 2019
Hari ini Selasa, biasanya ketika jam 12 malam atau lewat tengah malam, handphone-nya akan berbu...
09 Jul 2019
Awalnya daun ara.Menutupi rasa malu memberi rasa aman yang palsu.Lalu daun ara menjelma menjadi bebe...
22 Jun 2019
Satu hari telah berlalu di tahun ke-25nya. Ya, kemarin adalah hari ulang tahunnya. Tidak lama kemudi...
19 Jun 2019
Ada riuh yang tak bisa aku raih. Alunan musik atau ego yang sedang diimprovisasi. Lidahku kelu. Sete...
17 Jun 2019
Mereka saling bercengkrama tentang hidup masing-masing setelah satu tahun tak bertemu. Padahal, sebe...
06 Jun 2019
Hai Sang RapuhHai Sang RapuhBolehkah aku mengumpat kepada keadaan?Ketika aku dipaksa menahan diriSem...
05 Jun 2019
(Baca di sini untuk bagian sebelumnya)Sakit hati?Hmmm… nggak juga, sih. Apa yang Edward...
05 Jun 2019
Jarum jam telah menunjukkan pukul 11 malam, tapi aku masih saja mengobrak-abrik kamarku. Bahkan laci...
05 Jun 2019
“Kamu, anak kecil! Bisa apa kamu?”Kata-kata itu terus terngiang di benak Tita, seorang g...
05 Jun 2019
dari bangku ruang tungguaku terpaku pada banyak kaki yang berlaluentah berapa jauh mereka berpi...
25 May 2019
“Untuk beli bibit.. ““Untuk beli obat, Neng...”“Kemarin harga jatuh. P...
18 May 2019
Luna hanya bisa memalingkan wajahnya sambil menutup mata, menghindari kumpulan debu ringan yang bete...
18 May 2019

Want to Submit an Article

Untuk menjadi bagian dari gerakan generasi
muda Kristen Indonesia. Kirimkan karyamu ke:

[email protected]

READ OTHER

 

CONTACT US

 

   +62 8222 7841 346
   [email protected]

 

 

 

 

STAY UPDATE WITH IGNITE!
SUBSCRIBE