Terus Mendaki di Tahun 2021

Best Regards, Live Through This, 15 January 2021
Jangan sampai kita mengesampingkan mystery box yang satu ini...

Jika kita tergolong netizen yang rajin memantau TikTok, pasti tahu kalau ada tren unboxing mainan bergenre mystery box. Apa itu? Tipe mainan yang dikemas dalam packaging tertutup, dan setelah dibeli dan dibuka, kita baru tahu apa isinya. Waktu kecil, kita mungkin mengenalnya dalam wujud ‘telur’ KinderJoy. Sekarang? Banyak sekali variasinya, bahkan ada boneka Barbie yang setelah diceburkan dalam air, baru akan luruh lapisannya dan menampilkan wujud si Barbie yang didapat. Dari berbagai usia, selalu ada saja peminat produk kategori ini. 

Saat ini, kita semua pun diberi sebuah mystery box bernama 2021. Sudah siap membukanya?

Setahun lalu sebelum pandemi, saya mengikuti trip ke Bandung bersama komisi pemuda. Salah satu agendanya adalah melakukan pendakian di alam terbuka. Di tahap awal pendakian, kami harus berbaris meniti tepian sebuah bangunan semacam pintu air. Saya tipe orang yang sering bermimpi jatuh dari ketinggian, sehingga situasi ini tidak nyaman untuk saya. Entah apa yang menanti di atas sana, rasanya gentar untuk terus naik. Makin tinggi, seperti makin besar risiko saya jatuh.

Bukankah kehidupan kita sehari-hari, sejak 2020, pun terasa seperti sebuah perjalanan mendaki yang penuh misteri? Kalau mendaki gunung yang kita kenal, kita mungkin tahu akan menemukan apa di depan sana. Namun hari-hari setelah 2020 terasa seperti berjalan mendaki, tanpa tahu apa yang ada di depan sana.

Ilustrasi oleh @yokholius

Mari kita melihat gambaran akan langit yang baru dan bumi yang baru dalam Wahyu 21:1-6

Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru , sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan lautpun tidak ada lagi.
-ayat 1

Rasul Yohanes dalam renungan hari ini diberi anugerah untuk menyingkap gambaran masa depan. Seperti yang digambarkan dalam bacaan renungan kita hari ini, kita pun hidup di ‘langit yang baru’ dan ‘bumi yang baru’. Ya, Tahun Baru 2021 hadir dengan kelahiran tatanan kehidupan baru. Mungkin ada yang memasukinya dalam kondisi positif COVID19, atau bahkan harus berduka karena kehilangan orang terkasih. 

Ignite People, melangkahlah terus dengan diterangi hikmat Tuhan, sambil berupaya untuk tidak gentar dengan entah misteri apa yang menanti kita di bulan-bulan mendatang. Wahyu dalam bacaan ini, dengan gaya bahasanya yang puitis, menggambarkan akhir dari pengharapan orang beriman: Suatu dunia baru yang diubah dan ditebus, di mana Kristus tinggal dengan umat-Nya. 'Sebuah hadiah.'

Ilustrasi oleh @yokholius

Tahun 2021 ini dihadirkan Tuhan bagi kita semua, sebuah mystery box untuk kita unboxing. Mari kita buka dengan semangat optimisme dan iman yang penuh pengharapan.

*in collaboration with Yokholius Nugroho

LATEST POST

 

Hidup ini seperti merangkai puzzle, karena kita akan merangkai kepingan demi kepingannya agar menja...
by Yessica Anggi | 05 Dec 2021

Hallo, gengs! Hmm, filsafat... Filsafat mungkin terdengar menarik sekaligus “mengerikan”...
by Rain Bow Hutabarat | 05 Dec 2021

Bayangkan sebuah dunia di mana kita tak dapat melihat.Sebuah dunia di mana kebutaan merupakan suatu...
by Primaridiana Pradiptasari | 28 Nov 2021

Want to Submit an Article

Untuk menjadi bagian dari gerakan generasi
muda Kristen Indonesia. Kirimkan karyamu ke:

[email protected]

READ OTHER