Ketika Whatsapp Tenggelam...

Best Regards, Live Through This, 03 May 2020
“Astaga maafkan daku krn wa kk tenggelam banget.”

Sudah berapa kali aku mendapatkan balasan seperti di atas dari beberapa orang ketika aku berkomunikasi dengan teman-temanku lewat aplikasi Whatsapp (WA). Bahkan, ada yang sampai sekarang tidak dibalas. Chat yang aku kirim bukan di grup WA, tetapi personal chat alias jalur pribadi (japri)

Well, ga boleh suudzon… itu prinsipku. Jika isi chat aku urgent, tentu aku akan follow up misalnya menghubungi langsung lewat menelepon atau minta tolong orang yang aku tahu kemungkinan sedang berada dekat teman yang belum balas-balas chat aku. 

Aku belajar inilah fenomena dari komunikasi. Menurutku, ada beberapa faktor penentu seseorang cepat membalas chat

Faktor pertama, siapa yang mengirim chat. Keluarga-kah? Sahabat-kah? Teman kampus-kah? Dosen-kah? Presiden-kah? Gebetan-kah? Tentu bagaimana kita merespon juga berbeda; selain kecepatan, bahasa yang digunakan juga akan beda-beda tergantung siapa pengirimnya. Apa yang dianggap penting bagiku, belum tentu penting bagi orang lain. Isi chat yang aku kirim ke mereka yang rata-rata lama baru dibalas mungkin tidak penting bagi mereka, walau bagiku penting. 

Faktor siapa yang mengirim bisa semakin luas; misalnya, apakah yang mengirim chat itu adalah masalah dengan kita? Faktor like and dislike singkatnya. Jika yang mengirim itu adalah orang yang sedang tidak kita sukai alias benci, maka besar kemungkinan akan lama dibalas atau bahkan tidak dibalas. Semoga ini bukan faktor yang membuat mereka lama membalas atau tidak membalas chat yang aku kirim. 

Faktor kedua yang berhubungan erat dengan faktor pertama adalah, siapa orang yang kita kirim? Jika yang dikirim itu seseorang yang super sibuk, banyak tanggung jawab apalagi jika orang penting di sebuah organisasi, atau dari sisi senioritas memang jauh di atas aku, maka probabilitas jika aku yang bukan siapa-siapa dibalas secepatnya itu tentu semakin kecil.

Faktor ketiga adalah topik chat, yang juga menjadi faktor penentu. Isi chat yang penting dan urgent tentu akan lebih cepat dibalas dibandingkan yang tidak penting dan tidak urgent menurut penerima chat. Bisa jadi mereka sudah baca chat yang aku kirim, tetapi bagi mereka isi chat aku tidak urgent untuk dibalas, sehingga mereka memutuskan untuk menunda membalasnya karena juga ada hal lain yang lebih penting saat mereka menerima chat aku. Akhirnya, karena teman-temanku ini orang-orang penting, maka chat yang masuk ke mereka semakin banyak, dan akhirnya chat aku terlupakan. 

Faktor keempat adalah kapan waktu mengirim chat tersebut. Ini menurutku berkaitan dengan faktor ketiga sih, seberapa penting dan seberapa urgent isi chat yang dikirim. Jika penting tetapi tidak urgent atau tidak penting menurut penerima chat ditambah waktu menerima chat di saat mereka sedang sibuk atau buru-buru, maka kemungkinan besar chat akan lama atau bahkan lupa dibalas. Ini masuk akal bagiku karena mayoritas chatku yang lama dibalas atau bahkan ada yang tidak dibalas sama sekali sampai sekarang itu aku kirim ketika hari masih cukup pagi. 

Berkomunikasi lewat WA sama seperti berkomunikasi lewat media apapun. Tetap perlu ada etika. Aku secara pribadi tidak menjadi masalah lama atau tidak dibalas chat aku walau menurutku penting. Toh, seperti yang aku sampaikan di awal, jika urgent, aku akan follow up lewat cara yang lain. Namun, adalah baik memang jika kita bisa segera membalas chat, atau memberikan informasi jika akan dibalas tidak sekarang. Akhirnya, adalah baik jika meminta maaf ketika lama baru membalas. 

Aku juga belajar untuk terus menjaga konsistensiku memahami orang lain termasuk memahami bahwa tidak semua orang akan bisa selalu menjawab chatku segera. Aku percaya ada alasan yang bisa dipertanggungjawabkan sehingga mereka lama atau tidak membalas chatku. Utamanya adalah ada respek yang harus aku jaga. 

Aku bersyukur lewat cara sederhana, Tuhan memberikan satu pencerahan bagiku dalam berelasi. 

Aku diingatkan kembali bahwa "Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka.  (Matius 7: 12)


*pernah dipublikasikan di blog www.godlif.net

LATEST POST

 

Film siksa kubur resmi tayang pada 11 April 2024, dan sebagai penikmat karya Joko Anwar, kami langsu...
by Ari Setiawan | 16 Apr 2024

Takut tambah dewasaTakut aku kecewaTakut tak seindah yang kukiraIgnite People, penggalan lirik lagu...
by Emmanuela Angela | 10 Apr 2024

GetsemaniDomba putih di penghabisan jagal Merah kirmizi di kandungan sengsara atas cawan yang kesumb...
by David Ryantama Sitorus | 10 Apr 2024

Want to Submit an Article

Untuk menjadi bagian dari gerakan generasi
muda Kristen Indonesia. Kirimkan karyamu ke:

[email protected]

READ OTHER