EDITOR'S LETTER

 

LATEST POST

     /   /   /   / 
“Swing low, sweet chariotComing for to carry me homeSwing low, sweet chariotComing for to carr...
18 May 2019
  •  21
Belakangan ini sering terjadi perdebatan, bahkan perpecahan dari kedua kubu politik dimana para pend...
18 May 2019
  •  15
“Untuk beli bibit.. ““Untuk beli obat, Neng...”“Kemarin harga jatuh. P...
18 May 2019
  •  17
Seseorang yang otentik adalah seseorang yang di depan maupun di belakang publik berlaku, bertindak,...
18 May 2019
  •  25
Barangkali sebagian dari kita tidak asing dengan ungkapan ini: "Pergi Pagi, Pulang Petang, Peng...
18 May 2019
  •  21
Kita, sebagai manusia, pasti mempunyai rencana dalam hidup; mulai dari bangun pagi sampai kita kemba...
18 May 2019
  •  58
Penunggang Badai tentu tak asing dengan wajah yang tertera pada headline di atas, ada Gerald Situmor...
18 May 2019
  •  42
Luna hanya bisa memalingkan wajahnya sambil menutup mata, menghindari kumpulan debu ringan yang bete...
18 May 2019
  •  20
“Jomblo perak” adalah predikat yang sungguh saya banggakan. 25 tahun hidup tanpa pernah...
16 May 2019
  •  33
Beberapa waktu lalu, seantero negeri gempar. Pagi itu, di saat orang-orang sedang menikmati waktu li...
16 May 2019
  •  11
Penjelasan Kamus Besar Bahasa Indonesia ini memaparkan dua kata yang mungkin membuat sebagian orang...
16 May 2019
  •  29
Hampir setiap saat kita dihadapkan pada pilihan. Mulai dari pilihan sederhana seperti memilih rute p...
16 May 2019
  •  11
Hal yang saya suka dari bahasa Inggris untuk kata “rumah” adalah adanya dua kata yang me...
16 May 2019
  •  22
Keluarga yang sehat dibangun dari konflik-konflik yang diselesaikan. Itu adalah hal yang saya pelaja...
16 May 2019
  •  26
Kita gemar singgah pada tautan yang memberikan penjelasan tentang diri kita. Bahkan dihubungkan deng...
16 May 2019
  •  14
Pemeliharaan Allah. Providensia.Ketika berbicara pemeliharaan-Nya, aku sering memikirkan mengenai ba...
16 May 2019
  •  21
Aku tak tahu, apakah itu sebuah lelucon atau hal yang serius, yang aku tahu, itu teka-teki. Sebuah t...
16 May 2019
  •  9
Beberapa bulan lalu, seorang temanku yang ateis bercerita bahwa dia dibesarkan di keluarga Katolik n...
16 May 2019
  •  32
Kutipan di atas merupakan sebuah kutipan yang cukup populer dari Tan Malaka. Kutipan tersebut merupa...
16 May 2019
  •  7
Hari itu aku sedang asik-asiknya mencela diriku sendiri di tengah kebosananku bekerja. Di jam istira...
16 May 2019
  •  23
  Hai… Gimana perasaan kamu? Tahun lalu kita berjumpa. Ada banyak pertanyaan darimu...
16 May 2019
  •  8
Ah, Februari. Bulan kasih sayang, katanya. Saat yang tepat untuk bicara cinta serta romansa yang had...
16 May 2019
  •  22
Tahun baru adalah kecerian bagi banyak orang dengan harapan baru yang lebih baik. Semua orang pasti...
16 May 2019
  •  4
Kutipan di atas kudapat dari novel karangan Eka Kurniawan yang berjudul “Seperti Dendam, Rindu...
16 May 2019
  •  22
Tahun ini negara kita disibukkan dengan berbagai persiapan. Persiapan perayaan HUT RI di setiap wila...
16 May 2019
  •  12
Suatu hari seorang teman datang padaku dan menceritakan kisah cinta yang sedang ia jalani.Ia menutur...
16 May 2019
  •  10
Rasanya terlalu egois untuk terus membahas Better Day(s) semata untuk diri sendiri. Di tengah panas...
16 May 2019
  •  25
“Tuhan, mauMu apa sih?”“Tuhan, bener gak sih jalan hidupku gini?”“Tuha...
16 May 2019
  •  31
 Fiat Justitia Ruat Caelum diucapkan oleh Lucius Calpurnius Piso Caesoninus (43 SM), yang berma...
16 May 2019
  •  49
When I was a kid, I often fell and it left me with several memorable scars. Every time I see my scar...
16 May 2019
  •  32
Setiap orang punya mimpi-mimpi yang ingin diraih dalam hidupnya. Psikologi modern dan beberapa tips...
16 May 2019
  •  8
Itu adalah sebuah potongan kalimat dari Hesher (dalam film HESHER,2010), seorang metalhead aneh yang...
16 May 2019
  •  10
Tahun politik sudah di ambang pintu. Kurang dari enam bulan lagi, kita akan melihat Indonesia disibu...
16 May 2019
  •  10
      Dalam rutinitas hidup yang padat, di tengah sederet ambisi diri yang terus memi...
16 May 2019
  •  15
Kalian setuju tidak, kalau menunggu adalah kegiatan yang membosankan? Kita hanya bisa menunggu tanpa...
16 May 2019
  •  12
Beberapa hari yang lalu, isu yang seksi itu kembali “digoreng”. Intoleransi dan persekus...
16 May 2019
  •  25
Hidup itu harus bercahaya dan benderang. Jika tidak bercahaya, tidak hidup. Masalahnya, dunia sekara...
16 May 2019
  •  14
Aku menggandeng tangannya erat siang itu, di bawah terik mentari, saat kami baru saja pulang dari wa...
16 May 2019
  •  9
Masih lekat dalam ingatan pemuda GKI Kavling Polri masa-masa ketika mereka menghabiskan waktu sebaga...
16 May 2019
  •  11
  Potongan lirik lagu di atas pasti sudah dikenal oleh sebagian besar orang yang membaca tulisa...
16 May 2019
  •  24
Dunia yang semakin jahat, ketidakadilan, perang, orang yang mengaku ber-Tuhan tapi seperti tidak ber...
16 May 2019
  •  7
It is easy to make assumptions. Psychologists say that assumptions come from our brain's tendenc...
16 May 2019
  •  10
Beberapa minggu yang lalu saya melihat seorang perempuan di kantin kampus, sepertinya ia adalah maha...
16 May 2019
  •  10
7 September lalu, beberapa rekan yang terlibat dalam aktivisme hukum serta Hak Asasi Manusia (HAM) m...
16 May 2019
  •  26
Baca bagian sebelumnya : Memaknai Hidup yang Hanya Sekali (Bagian 1)Hidup manusia seringkali diibara...
16 May 2019
  •  5
Pada tahun 2011, sempat trending sebuah istilah dalam bahasa Inggris, “YOLO”, yang artin...
16 May 2019
  •  13
Hari itu aku mengambil tes kesehatan mental sesuai permintaan psikiaterku. Saat hasil tes sudah kelu...
16 May 2019
  •  16
Ketika membaca editorial letter bulan ini, saya teringat satu kisah pada masa lampau. Bukan ingatan...
16 May 2019
  •  7
“Tak Apa Jadi Cina, Asal Berguna”, begitu judul dari sepotong tulisan yang kudapat dari...
16 May 2019
  •  12
Kalau ditanya hal apa yang paling tidak bisa lakukan, saya akan menjawab dua hal: pertama, menyanyi;...
16 May 2019
  •  12
Pertanyaan demikian tidak luput menghampiriku di masa penantian. Jawabannya seakan penuh misteri hin...
16 May 2019
  •  8
Doni merasa tidak enak badan sejak kemarin Jumat. Sudah tiga hari mukanya pucat dan keadaannya semak...
16 May 2019
  •  8
Delapan setengah tahun yang lalu Tuhan memanggil pulang papa.Sejak saat itu banyak pergulatan di ben...
16 May 2019
  •  8
Masa menderita atau tidak menyenangkan dalam hidup tiap orang akan menimbulkan satu tanda tanya, bai...
16 May 2019
  •  11
Rumah yang hidup dan saling membutuhkanPagi hari itu kami mengadakan bazaar sembako murah. Seratus p...
16 May 2019
  •  11
Ada dua hal yang saya tidak suka dalam menunggu. Yang pertama adalah apabila saya tidak dapat mengus...
16 May 2019
  •  11
Appreciative Inquiry dipakai sebagai nama atas metode yang diterapkan oleh Cooperrider dan Srivastva...
15 May 2019
  •  13
Tindakan kebaikan sederhana tersebut berkaitan dengan kebaikan untuk diri sendiri, sesama, dan selur...
15 May 2019
  •  19
I can’t count anymore on how many times I have quoted that line written by a Malawian poet, Up...
15 May 2019
  •  11
Betapa sering hidup kita menjadi bising dan berisik dengan berbagai hal yang menjadi keseharian kita...
15 May 2019
  •  12
Kupandang sebuah foto perkumpulan remaja pemuda di tahun 2009 dengan perasaan haru teringat hangatny...
15 May 2019
  •  12
Masih teringat jelas dalam ingatan, hari ketika saya dan seorang teman duduk di pinggir taman kampus...
15 May 2019
  •  15
Museum MACAN dan Yayoi Kusama. Mungkin dua nama ini pernah kita dengar. Ya, Museum MACAN adalah sebu...
15 May 2019
  •  19
Banyak perkara yang tak dapat kumengerti mengapakah harus terjadidi dalam kehidupan iniSatu perkara...
15 May 2019
  •  9
Malam itu, saya menonton berita di televisi. Siaran live breaking news mengabarkan lima jenazah...
15 May 2019
  •  5
Bulan Desember tahun lalu (yes, ini udah tahun 2018 lho) saya dan teman-teman pergi ke SAAT (Seminar...
15 May 2019
  •  6
Walaupun aku tahu kebenaran Injil, aku memilih untuk meninggalkannya dan mencari kesenangan lain ber...
15 May 2019
  •  7
Beberapa waktu lalu, salah satu grup Whatsapp saya heboh karena seorang anggotanya diserang di media...
15 May 2019
  •  15
Yo yo ayo… yo ayo Yo yo ayo… yo ayoYo yo ayo.. kita datang kita raih kita menang..Kala...
15 May 2019
  •  13
Penghujung tahun selalu jadi waktu yang tepat untuk mulai kembali menyusun target, menata rencana ya...
15 May 2019
  •  8
Peperangan di Indonesia jelas berbeda dengan bentuk pertempuran di Suriah. Jika di sana penuh dengan...
15 May 2019
  •  18
Guys, saya sangat tersentuh dengan quote di atas yang disampaikan oleh Billy Simpson dalam sebuah se...
15 May 2019
  •  13
Dalam perjalanan hidup, kita bersinggungan dengan banyak orang. Entah mereka yang akan menetap dan t...
15 May 2019
  •  15
Ada banyak faktor yang memengaruhi manusia berinteraksi, salah satunya agama. Sudah bertahan berbaga...
15 May 2019
  •  13
Masa muda dianggap sebagai masa yang paling memberi kesan. Jiwa muda yang terus bereksplorasi, berka...
15 May 2019
  •  21
Tahun 2019 baru berjalan beberapa hari. Masih ada ratusan hari lagi yang harus kita lalui dengan seg...
15 May 2019
  •  14
For as long as I could remember, I misunderstood inferiority as humility. I had a lot of insecu...
15 May 2019
  •  23
Memutuskan keluar dari sebuah pekerjaan yang nyaman adalah bentuk menantang diri. Begitu menurut gad...
15 May 2019
  •  11
Setiap satu minggu sekali, morning report di rumah sakit tempat saya menjalani internship dulu selal...
15 May 2019
  •  13
Cerita kita selalu dimulai dengan suara tangisan pertama sebagai penanda awal dari sebuah kehidupan...
15 May 2019
  •  7
A desperate drownTwo years of clerkship and one year of internship at the hospital made me believe t...
15 May 2019
  •  10
Sebuah jawaban singkat itu telah menjadi dasar banyak perjuangan saya. Secara definisi, perjuangan a...
15 May 2019
  •  6
Sore itu saya terdiam sendiri, mengetahui ada sekumpulan orang yang berteriak-teriak di luar pintu g...
15 May 2019
  •  12
Di jaman yang serba bebas ini, ada banyak keleluasaan yang makin merebak. Dulu tabu, kini menjadi ha...
15 May 2019
  •  28
Menjadi seorang hamba Tuhan bukan artinya menjadi seorang Gatotkaca yang sangat kuat. Hamba Tuhan ju...
15 May 2019
  •  11
Lagu yang disenandungkan sebagai pujian penutup Pendalaman Alkitab (PA) Pemuda Klasis Jakarta 2 ini...
15 May 2019
  •  15
Bukankah pencarian pasangan hidup seharusnya menjadi pencarian penuh penantian akan seseorang yang d...
15 May 2019
  •  7
Jakarta, Agustus 2018Ada yang banyak alasan orang putus – dan gue orang yang sering banget ken...
11 May 2019
  •  28
      Beberapa pekan lalu pertelevisian Indonesia dihebohkan oleh beberapa artis seni...
11 May 2019
  •  23
Is this the real life? Is this just fantasy?Caught in a landslide, no escape from reality Bohem...
11 May 2019
  •  35
Mereka Sang Pemenang, Kita yang PecundangAkhir tahun kerap dijadikan momen evaluasi bagi banyak indi...
11 May 2019
  •  39
  Yap, kadang kita merasa cinta manusia pun dibatasi waktu. Dalam fase relasi jarak jauh contoh...
11 May 2019
  •  21
Hiruk pikuk dunia zaman sekarang telah menguasai hati dan pikiran manusia. Rasanya, tak bisa lagi ki...
11 May 2019
  •  21
Everyone has a basic, important need to feel safe. We can see it from a cute perspective, like a bab...
11 May 2019
  •  21
I come to realize the true meaning of friendship after series of unfortunate events, probably ever s...
11 May 2019
  •  23
Kekristenan dan ateisme tentu adalah dua ide yang tampak bertentangan. Orang-orang Kristen percaya T...
11 May 2019
  •  22
Tentang Kristen “Ateis” dan Hidup di Luar Tuhan (bagian 1)You can only find a lasting me...
11 May 2019
  •  18
Saya mencoba mengumpulkan alasan-alasan yang paling sering diungkapkan oleh pemuda-pemudi Kristen da...
11 May 2019
  •  32
Saya selalu merasa diri saya adalah seseorang yang tidak pernah berhasil dalam apapun yang saya kerj...
11 May 2019
  •  10
Seorang pria muda dibawa masuk dengan tergesa-gesa oleh beberapa orang perawat ke dalam ruang Instal...
11 May 2019
  •  18
Ketika seseorang menghadapi masalah, kebanyakan akan bertanya: “sampai kapan?” Baik tent...
09 May 2019
  •  37
Beberapa waktu yang lalu media sosial mulai diramaikan oleh sebuah akun yang bernama Nanti Kita Samb...
09 May 2019
  •  35
Dalam sebuah perjalanan menuju luar kota, saya bercengkerama di mobil dengan salah seorang teman yan...
09 May 2019
  •  43
Memiliki pasangan dan menjalin sebuah relasi nampaknya menjadi keinginan bagi banyak orang, namun ti...
09 May 2019
  •  45
Ketundukan dan ketaatan merupakan sikap hidup yang Allah kehendaki untuk kita lakukan. Setidaknya it...
09 May 2019
  •  30
Muliakanlah, muliakanlah Tuhan Allah, Tuhan Allah, Mahatinggi! Damai sejahtra, turun ke bumi Bagi or...
09 May 2019
  •  13
Berbicara tentang Natal, tentu kita juga akan membahas para tokoh yang ada menjelang kelahiran Yesus...
09 May 2019
  •  29
Seorang dengan penguasaan diri yang baik akan membuat keputusan dengan baik, hingga akhirnya ia mamp...
09 May 2019
  •  35
Kurang lebih satu atau dua tahun yang lalu, saya membuat snapgram yang saya abadikan di highlight ak...
09 May 2019
  •  18
Move on merupakan hal yang sulit bagi sebagian orang, terutama dari kisah yang buruk. Misalnya saja...
09 May 2019
  •  21
Menengok dari keterbukaan anak muda GKI masa kini pada pemilu 2014 silam, bagi saya ini adalah sebua...
09 May 2019
  •  40
Apakah kamu pernah berpikir di-P.H.P. oleh Tuhan karena tak segera mendapatkan jawaban atas doamu? A...
09 May 2019
  •  30
Peristiwa-peristiwa politik seringkali ada kejutan-kejutan. Ada kejutan-kejutan yang menumbuhkan pen...
07 May 2019
  •  36
Kasih menjadi konten vital yang memberi warna dalam kehidupan setiap orang. Perasaan dikasihi membua...
07 May 2019
  •  38
Di kampus X, terdapat obrolan hangat tentang A yang baru saja ditembak oleh C, salah satu gitaris ya...
07 May 2019
  •  64
Bukan, ini bukan artikel untuk menelaah lagunya Tulus. Tapi ulasan berikut mungkin akan membuat kita...
07 May 2019
  •  48
Satu tahun lalu, akhirnya aku mulai mengamini pernyataan yang sering bertebaran di linimasa. Pernyat...
07 May 2019
  •  37
Aku yakin ada banyak ulasan mengenai “bagaimana mencari pasangan hidup yang tepat”, &ldq...
07 May 2019
  •  49
Sekitar pertengahan Februari, saya mendapatkan curhatan dari anak rohani saya. Diawali dengan pertan...
07 May 2019
  •  101
Sungguh lembut Tuhan Yesus memanggil, memanggil aku dan kau…“Lho kok, lagu ini nyasar k...
07 May 2019
  •  61
Setiap orang tentu punya rencana, punya impian, dan harapan yang ingin diraih bersama orang yang dik...
06 May 2019
  •  340
Tak terasa hari begitu cepat berlalu, dan kita, umat Kristen, mulai memasuki masa penantian akan per...
29 Apr 2019
  •  46
Menengok dari keterbukaan anak muda GKI masa kini pada pemilu 2014 silam, bagi saya ini adalah sebua...
28 Apr 2019
  •  52
Orang mana yang tidak kenal Setya Novanto? Ketua DPR RI periode 2014-2019 yang terkenal dengan pangg...
25 Apr 2019
  •  25
Buat yang sudah nonton film atau membaca novel Dilan 1990 mungkin ingat akan penggalan gombalan di a...
25 Apr 2019
  •  50
Bumi Indonesia gonjang-ganjing pada awal tahun 2018 karena mendengar kabar seorang mantan Gubernur D...
25 Apr 2019
  •  33
Dalam mencintai, luka adalah sebuah keniscayaan. Semakin saya menjalani profesi sebagai guru, dan kh...
25 Apr 2019
  •  36
“Kamu sering nyanyi di kamar mandi?”, tanya sang pelatih vokal. “Sering kak, kenap...
25 Apr 2019
  •  20
Aku memandang salib Tinggi menjulang menjadi lambangKehinaan berpancar kemuliaan Najis be...
18 Apr 2019
  •  103
Sebut saja namanya Budi. Ia adalah salah satu dari sekian banyak ‘mantan pacar’ gereja s...
17 Apr 2019
  •  53
Hari itu terasa sangat biasa dan inosen (tadinya). Saya sedang mengikuti kelas yoga, mendadak mata s...
17 Apr 2019
  •  29
Satu kali dalam kelas kursus Bisnis & Manajemen yang saya ikuti di gereja, dipaparkan fakta bahw...
17 Apr 2019
  •  25
Karya: Finki Rianto Kantohe Setiap orang tentu punya rencana, punya impian, dan harapan yang in...
17 Apr 2019
  •  52
“Voting bukan hanya hak kita—itu adalah kekuatan kita.” - Loung Ung.April 2019 ini...
17 Apr 2019
  •  13
Setelah beberapa minggu ini berlalu, Indonesia akan segera kembali merayakan pesta demokrasi—y...
17 Apr 2019
  •  38
Suasana menjelang pesta demokrasi ini sudah terlalu gaduh. Bayangkan saja, dari televisi, media sosi...
17 Apr 2019
  •  18
Pemilihan Umum (pemilu) merupakan bagian penting dalam praktik demokrasi pada masa kini. Pemilu menj...
17 Apr 2019
  •  26
Pernahkah teman-teman bertanya, “Kalau Tuhan yang mengangkat setiap pemimpin negara, mengapa h...
17 Apr 2019
  •  20
Pemilu dan Penguasaan Diri Kurang dari sebulan lagi, pemilihan Presiden dan wakil Presiden akhi...
17 Apr 2019
  •  34
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi politik adalah pengetahuan mengenai ketatanegaraan at...
12 Apr 2019
  •  44
Berdasarkan data hasil sensus yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2010, jumlah pen...
12 Apr 2019
  •  23
PendahuluanSebuah band akustik menyanyikan sebuah lagu yang menarik di acara Ikatan Keluarga Or...
12 Apr 2019
  •  14
Pemilu yang akan diikuti oleh seluruh WNI—yang berusia di atas 17 tahun—tanggal 17 April...
11 Apr 2019
  •  22
Dua pengalaman pertama saya memilih wakil rakyat rasanya masih begitu segar di ingatan. Ingatan pert...
11 Apr 2019
  •  24
Golput adalah hak demokrasi, bukan tindak pidana. Namun, apakah Golput merupakan tindakan bijak? Vid...
11 Apr 2019
  •  15
Saya tertarik dengan keunikan dari tema Natal tahun lalu yang diangkat oleh Persekutuan Gereja-gerej...
11 Apr 2019
  •  7
Appreciative Inquiry dipakai sebagai nama atas metode yang diterapkan oleh Cooperrider dan Srivastva...
11 Apr 2019
  •  24
Tindakan kebaikan sederhana tersebut berkaitan dengan kebaikan untuk diri sendiri, sesama, dan selur...
11 Apr 2019
  •  22
Dulu ketika masih SMP, ada masanya aku suka sekali dengan momen Pra-Paskah. Kenapa? Karena di sekola...
11 Apr 2019
  •  16
Fenomena mengaitkan isu agama dengan politik bukanlah hal yang baru. Sejak Pilkada Jakarta 2017 lalu...
11 Apr 2019
  •  25
Banyak dari kita sepakat demokrasi adalah pilihan terbaik dari beragam sistem politik yang dipraktik...
11 Apr 2019
  •  19
Kepentingan Golongan dan PemiluSaya akan mulai dengan ini: tidak mengherankan bila seseorang memilih...
08 Apr 2019
  •  25
Dildo? Mau bahas sex toys? Wait, jangan keburu nethink (negative thinking) dulu nih. Dildo (kepanjan...
08 Apr 2019
  •  36
Pemilu sudah semakin dekat Indonesia diperhadapkan dengan pemilihan pemimpin serta wakil rakyat. Ban...
08 Apr 2019
  •  40
Masih lekat dalam ingatan pemuda GKI Kavling Polri masa-masa ketika mereka menghabiskan waktu sebaga...
16 May 2019
  •  11
Kalau ditanya hal apa yang paling tidak bisa lakukan, saya akan menjawab dua hal: pertama, menyanyi;...
16 May 2019
  •  12
Rumah yang hidup dan saling membutuhkanPagi hari itu kami mengadakan bazaar sembako murah. Seratus p...
16 May 2019
  •  11
Seseorang yang otentik adalah seseorang yang di depan maupun di belakang publik berlaku, bertindak,...
18 May 2019
  •  25
Barangkali sebagian dari kita tidak asing dengan ungkapan ini: "Pergi Pagi, Pulang Petang, Peng...
18 May 2019
  •  21
Penunggang Badai tentu tak asing dengan wajah yang tertera pada headline di atas, ada Gerald Situmor...
18 May 2019
  •  42
Hal yang saya suka dari bahasa Inggris untuk kata “rumah” adalah adanya dua kata yang me...
16 May 2019
  •  22
Keluarga yang sehat dibangun dari konflik-konflik yang diselesaikan. Itu adalah hal yang saya pelaja...
16 May 2019
  •  26
 Fiat Justitia Ruat Caelum diucapkan oleh Lucius Calpurnius Piso Caesoninus (43 SM), yang berma...
16 May 2019
  •  49
Dunia yang semakin jahat, ketidakadilan, perang, orang yang mengaku ber-Tuhan tapi seperti tidak ber...
16 May 2019
  •  7
Baca bagian sebelumnya : Memaknai Hidup yang Hanya Sekali (Bagian 1)Hidup manusia seringkali diibara...
16 May 2019
  •  5
Masa menderita atau tidak menyenangkan dalam hidup tiap orang akan menimbulkan satu tanda tanya, bai...
16 May 2019
  •  11
Appreciative Inquiry dipakai sebagai nama atas metode yang diterapkan oleh Cooperrider dan Srivastva...
15 May 2019
  •  13
Tindakan kebaikan sederhana tersebut berkaitan dengan kebaikan untuk diri sendiri, sesama, dan selur...
15 May 2019
  •  19
Betapa sering hidup kita menjadi bising dan berisik dengan berbagai hal yang menjadi keseharian kita...
15 May 2019
  •  12
Bulan Desember tahun lalu (yes, ini udah tahun 2018 lho) saya dan teman-teman pergi ke SAAT (Seminar...
15 May 2019
  •  6
Walaupun aku tahu kebenaran Injil, aku memilih untuk meninggalkannya dan mencari kesenangan lain ber...
15 May 2019
  •  7
Ada banyak faktor yang memengaruhi manusia berinteraksi, salah satunya agama. Sudah bertahan berbaga...
15 May 2019
  •  13
Masa muda dianggap sebagai masa yang paling memberi kesan. Jiwa muda yang terus bereksplorasi, berka...
15 May 2019
  •  21
Di jaman yang serba bebas ini, ada banyak keleluasaan yang makin merebak. Dulu tabu, kini menjadi ha...
15 May 2019
  •  28
Mereka Sang Pemenang, Kita yang PecundangAkhir tahun kerap dijadikan momen evaluasi bagi banyak indi...
11 May 2019
  •  39
Kekristenan dan ateisme tentu adalah dua ide yang tampak bertentangan. Orang-orang Kristen percaya T...
11 May 2019
  •  22
Tentang Kristen “Ateis” dan Hidup di Luar Tuhan (bagian 1)You can only find a lasting me...
11 May 2019
  •  18
Peristiwa-peristiwa politik seringkali ada kejutan-kejutan. Ada kejutan-kejutan yang menumbuhkan pen...
07 May 2019
  •  36
Tak terasa hari begitu cepat berlalu, dan kita, umat Kristen, mulai memasuki masa penantian akan per...
29 Apr 2019
  •  46
Bumi Indonesia gonjang-ganjing pada awal tahun 2018 karena mendengar kabar seorang mantan Gubernur D...
25 Apr 2019
  •  33
“Voting bukan hanya hak kita—itu adalah kekuatan kita.” - Loung Ung.April 2019 ini...
17 Apr 2019
  •  13
Setelah beberapa minggu ini berlalu, Indonesia akan segera kembali merayakan pesta demokrasi—y...
17 Apr 2019
  •  38
Suasana menjelang pesta demokrasi ini sudah terlalu gaduh. Bayangkan saja, dari televisi, media sosi...
17 Apr 2019
  •  18
Pemilihan Umum (pemilu) merupakan bagian penting dalam praktik demokrasi pada masa kini. Pemilu menj...
17 Apr 2019
  •  26
Pernahkah teman-teman bertanya, “Kalau Tuhan yang mengangkat setiap pemimpin negara, mengapa h...
17 Apr 2019
  •  20
Pemilu dan Penguasaan Diri Kurang dari sebulan lagi, pemilihan Presiden dan wakil Presiden akhi...
17 Apr 2019
  •  34
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi politik adalah pengetahuan mengenai ketatanegaraan at...
12 Apr 2019
  •  44
Berdasarkan data hasil sensus yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2010, jumlah pen...
12 Apr 2019
  •  23
PendahuluanSebuah band akustik menyanyikan sebuah lagu yang menarik di acara Ikatan Keluarga Or...
12 Apr 2019
  •  14
Pemilu yang akan diikuti oleh seluruh WNI—yang berusia di atas 17 tahun—tanggal 17 April...
11 Apr 2019
  •  22
Dua pengalaman pertama saya memilih wakil rakyat rasanya masih begitu segar di ingatan. Ingatan pert...
11 Apr 2019
  •  24
Golput adalah hak demokrasi, bukan tindak pidana. Namun, apakah Golput merupakan tindakan bijak? Vid...
11 Apr 2019
  •  15
Saya tertarik dengan keunikan dari tema Natal tahun lalu yang diangkat oleh Persekutuan Gereja-gerej...
11 Apr 2019
  •  7
Appreciative Inquiry dipakai sebagai nama atas metode yang diterapkan oleh Cooperrider dan Srivastva...
11 Apr 2019
  •  24
Tindakan kebaikan sederhana tersebut berkaitan dengan kebaikan untuk diri sendiri, sesama, dan selur...
11 Apr 2019
  •  22
Fenomena mengaitkan isu agama dengan politik bukanlah hal yang baru. Sejak Pilkada Jakarta 2017 lalu...
11 Apr 2019
  •  25
Banyak dari kita sepakat demokrasi adalah pilihan terbaik dari beragam sistem politik yang dipraktik...
11 Apr 2019
  •  19
Dildo? Mau bahas sex toys? Wait, jangan keburu nethink (negative thinking) dulu nih. Dildo (kepanjan...
08 Apr 2019
  •  36
Pemilu sudah semakin dekat Indonesia diperhadapkan dengan pemilihan pemimpin serta wakil rakyat. Ban...
08 Apr 2019
  •  40
“Swing low, sweet chariotComing for to carry me homeSwing low, sweet chariotComing for to carr...
18 May 2019
  •  21
Belakangan ini sering terjadi perdebatan, bahkan perpecahan dari kedua kubu politik dimana para pend...
18 May 2019
  •  15
“Untuk beli bibit.. ““Untuk beli obat, Neng...”“Kemarin harga jatuh. P...
18 May 2019
  •  17
Kita, sebagai manusia, pasti mempunyai rencana dalam hidup; mulai dari bangun pagi sampai kita kemba...
18 May 2019
  •  58
Luna hanya bisa memalingkan wajahnya sambil menutup mata, menghindari kumpulan debu ringan yang bete...
18 May 2019
  •  20
“Jomblo perak” adalah predikat yang sungguh saya banggakan. 25 tahun hidup tanpa pernah...
16 May 2019
  •  33
Beberapa waktu lalu, seantero negeri gempar. Pagi itu, di saat orang-orang sedang menikmati waktu li...
16 May 2019
  •  11
Penjelasan Kamus Besar Bahasa Indonesia ini memaparkan dua kata yang mungkin membuat sebagian orang...
16 May 2019
  •  29
Hampir setiap saat kita dihadapkan pada pilihan. Mulai dari pilihan sederhana seperti memilih rute p...
16 May 2019
  •  11
Kita gemar singgah pada tautan yang memberikan penjelasan tentang diri kita. Bahkan dihubungkan deng...
16 May 2019
  •  14
Pemeliharaan Allah. Providensia.Ketika berbicara pemeliharaan-Nya, aku sering memikirkan mengenai ba...
16 May 2019
  •  21
Aku tak tahu, apakah itu sebuah lelucon atau hal yang serius, yang aku tahu, itu teka-teki. Sebuah t...
16 May 2019
  •  9
Beberapa bulan lalu, seorang temanku yang ateis bercerita bahwa dia dibesarkan di keluarga Katolik n...
16 May 2019
  •  32
Kutipan di atas merupakan sebuah kutipan yang cukup populer dari Tan Malaka. Kutipan tersebut merupa...
16 May 2019
  •  7
Hari itu aku sedang asik-asiknya mencela diriku sendiri di tengah kebosananku bekerja. Di jam istira...
16 May 2019
  •  23
Ah, Februari. Bulan kasih sayang, katanya. Saat yang tepat untuk bicara cinta serta romansa yang had...
16 May 2019
  •  22
Tahun baru adalah kecerian bagi banyak orang dengan harapan baru yang lebih baik. Semua orang pasti...
16 May 2019
  •  4
Kutipan di atas kudapat dari novel karangan Eka Kurniawan yang berjudul “Seperti Dendam, Rindu...
16 May 2019
  •  22
Tahun ini negara kita disibukkan dengan berbagai persiapan. Persiapan perayaan HUT RI di setiap wila...
16 May 2019
  •  12
Suatu hari seorang teman datang padaku dan menceritakan kisah cinta yang sedang ia jalani.Ia menutur...
16 May 2019
  •  10
Rasanya terlalu egois untuk terus membahas Better Day(s) semata untuk diri sendiri. Di tengah panas...
16 May 2019
  •  25
“Tuhan, mauMu apa sih?”“Tuhan, bener gak sih jalan hidupku gini?”“Tuha...
16 May 2019
  •  31
When I was a kid, I often fell and it left me with several memorable scars. Every time I see my scar...
16 May 2019
  •  32
Setiap orang punya mimpi-mimpi yang ingin diraih dalam hidupnya. Psikologi modern dan beberapa tips...
16 May 2019
  •  8
Itu adalah sebuah potongan kalimat dari Hesher (dalam film HESHER,2010), seorang metalhead aneh yang...
16 May 2019
  •  10
Tahun politik sudah di ambang pintu. Kurang dari enam bulan lagi, kita akan melihat Indonesia disibu...
16 May 2019
  •  10
      Dalam rutinitas hidup yang padat, di tengah sederet ambisi diri yang terus memi...
16 May 2019
  •  15
Kalian setuju tidak, kalau menunggu adalah kegiatan yang membosankan? Kita hanya bisa menunggu tanpa...
16 May 2019
  •  12
Beberapa hari yang lalu, isu yang seksi itu kembali “digoreng”. Intoleransi dan persekus...
16 May 2019
  •  25
Hidup itu harus bercahaya dan benderang. Jika tidak bercahaya, tidak hidup. Masalahnya, dunia sekara...
16 May 2019
  •  14
Aku menggandeng tangannya erat siang itu, di bawah terik mentari, saat kami baru saja pulang dari wa...
16 May 2019
  •  9
  Potongan lirik lagu di atas pasti sudah dikenal oleh sebagian besar orang yang membaca tulisa...
16 May 2019
  •  24
It is easy to make assumptions. Psychologists say that assumptions come from our brain's tendenc...
16 May 2019
  •  10
Beberapa minggu yang lalu saya melihat seorang perempuan di kantin kampus, sepertinya ia adalah maha...
16 May 2019
  •  10
7 September lalu, beberapa rekan yang terlibat dalam aktivisme hukum serta Hak Asasi Manusia (HAM) m...
16 May 2019
  •  26
Pada tahun 2011, sempat trending sebuah istilah dalam bahasa Inggris, “YOLO”, yang artin...
16 May 2019
  •  13
Hari itu aku mengambil tes kesehatan mental sesuai permintaan psikiaterku. Saat hasil tes sudah kelu...
16 May 2019
  •  16
Ketika membaca editorial letter bulan ini, saya teringat satu kisah pada masa lampau. Bukan ingatan...
16 May 2019
  •  7
“Tak Apa Jadi Cina, Asal Berguna”, begitu judul dari sepotong tulisan yang kudapat dari...
16 May 2019
  •  12
Pertanyaan demikian tidak luput menghampiriku di masa penantian. Jawabannya seakan penuh misteri hin...
16 May 2019
  •  8
Doni merasa tidak enak badan sejak kemarin Jumat. Sudah tiga hari mukanya pucat dan keadaannya semak...
16 May 2019
  •  8
Delapan setengah tahun yang lalu Tuhan memanggil pulang papa.Sejak saat itu banyak pergulatan di ben...
16 May 2019
  •  8
Ada dua hal yang saya tidak suka dalam menunggu. Yang pertama adalah apabila saya tidak dapat mengus...
16 May 2019
  •  11
I can’t count anymore on how many times I have quoted that line written by a Malawian poet, Up...
15 May 2019
  •  11
Kupandang sebuah foto perkumpulan remaja pemuda di tahun 2009 dengan perasaan haru teringat hangatny...
15 May 2019
  •  12
Masih teringat jelas dalam ingatan, hari ketika saya dan seorang teman duduk di pinggir taman kampus...
15 May 2019
  •  15
Museum MACAN dan Yayoi Kusama. Mungkin dua nama ini pernah kita dengar. Ya, Museum MACAN adalah sebu...
15 May 2019
  •  19
Banyak perkara yang tak dapat kumengerti mengapakah harus terjadidi dalam kehidupan iniSatu perkara...
15 May 2019
  •  9
Malam itu, saya menonton berita di televisi. Siaran live breaking news mengabarkan lima jenazah...
15 May 2019
  •  5
Beberapa waktu lalu, salah satu grup Whatsapp saya heboh karena seorang anggotanya diserang di media...
15 May 2019
  •  15
Yo yo ayo… yo ayo Yo yo ayo… yo ayoYo yo ayo.. kita datang kita raih kita menang..Kala...
15 May 2019
  •  13
Penghujung tahun selalu jadi waktu yang tepat untuk mulai kembali menyusun target, menata rencana ya...
15 May 2019
  •  8
Peperangan di Indonesia jelas berbeda dengan bentuk pertempuran di Suriah. Jika di sana penuh dengan...
15 May 2019
  •  18
Guys, saya sangat tersentuh dengan quote di atas yang disampaikan oleh Billy Simpson dalam sebuah se...
15 May 2019
  •  13
Dalam perjalanan hidup, kita bersinggungan dengan banyak orang. Entah mereka yang akan menetap dan t...
15 May 2019
  •  15
Tahun 2019 baru berjalan beberapa hari. Masih ada ratusan hari lagi yang harus kita lalui dengan seg...
15 May 2019
  •  14
For as long as I could remember, I misunderstood inferiority as humility. I had a lot of insecu...
15 May 2019
  •  23
Memutuskan keluar dari sebuah pekerjaan yang nyaman adalah bentuk menantang diri. Begitu menurut gad...
15 May 2019
  •  11
Setiap satu minggu sekali, morning report di rumah sakit tempat saya menjalani internship dulu selal...
15 May 2019
  •  13
Cerita kita selalu dimulai dengan suara tangisan pertama sebagai penanda awal dari sebuah kehidupan...
15 May 2019
  •  7
A desperate drownTwo years of clerkship and one year of internship at the hospital made me believe t...
15 May 2019
  •  10
Sebuah jawaban singkat itu telah menjadi dasar banyak perjuangan saya. Secara definisi, perjuangan a...
15 May 2019
  •  6
Sore itu saya terdiam sendiri, mengetahui ada sekumpulan orang yang berteriak-teriak di luar pintu g...
15 May 2019
  •  12
Menjadi seorang hamba Tuhan bukan artinya menjadi seorang Gatotkaca yang sangat kuat. Hamba Tuhan ju...
15 May 2019
  •  11
Lagu yang disenandungkan sebagai pujian penutup Pendalaman Alkitab (PA) Pemuda Klasis Jakarta 2 ini...
15 May 2019
  •  15
Bukankah pencarian pasangan hidup seharusnya menjadi pencarian penuh penantian akan seseorang yang d...
15 May 2019
  •  7
Jakarta, Agustus 2018Ada yang banyak alasan orang putus – dan gue orang yang sering banget ken...
11 May 2019
  •  28
      Beberapa pekan lalu pertelevisian Indonesia dihebohkan oleh beberapa artis seni...
11 May 2019
  •  23
Is this the real life? Is this just fantasy?Caught in a landslide, no escape from reality Bohem...
11 May 2019
  •  35
  Yap, kadang kita merasa cinta manusia pun dibatasi waktu. Dalam fase relasi jarak jauh contoh...
11 May 2019
  •  21
Hiruk pikuk dunia zaman sekarang telah menguasai hati dan pikiran manusia. Rasanya, tak bisa lagi ki...
11 May 2019
  •  21
Everyone has a basic, important need to feel safe. We can see it from a cute perspective, like a bab...
11 May 2019
  •  21
I come to realize the true meaning of friendship after series of unfortunate events, probably ever s...
11 May 2019
  •  23
Saya mencoba mengumpulkan alasan-alasan yang paling sering diungkapkan oleh pemuda-pemudi Kristen da...
11 May 2019
  •  32
Saya selalu merasa diri saya adalah seseorang yang tidak pernah berhasil dalam apapun yang saya kerj...
11 May 2019
  •  10
Seorang pria muda dibawa masuk dengan tergesa-gesa oleh beberapa orang perawat ke dalam ruang Instal...
11 May 2019
  •  18
Ketika seseorang menghadapi masalah, kebanyakan akan bertanya: “sampai kapan?” Baik tent...
09 May 2019
  •  37
Beberapa waktu yang lalu media sosial mulai diramaikan oleh sebuah akun yang bernama Nanti Kita Samb...
09 May 2019
  •  35
Dalam sebuah perjalanan menuju luar kota, saya bercengkerama di mobil dengan salah seorang teman yan...
09 May 2019
  •  43
Memiliki pasangan dan menjalin sebuah relasi nampaknya menjadi keinginan bagi banyak orang, namun ti...
09 May 2019
  •  45
Ketundukan dan ketaatan merupakan sikap hidup yang Allah kehendaki untuk kita lakukan. Setidaknya it...
09 May 2019
  •  30
Muliakanlah, muliakanlah Tuhan Allah, Tuhan Allah, Mahatinggi! Damai sejahtra, turun ke bumi Bagi or...
09 May 2019
  •  13
Berbicara tentang Natal, tentu kita juga akan membahas para tokoh yang ada menjelang kelahiran Yesus...
09 May 2019
  •  29
Seorang dengan penguasaan diri yang baik akan membuat keputusan dengan baik, hingga akhirnya ia mamp...
09 May 2019
  •  35
Kurang lebih satu atau dua tahun yang lalu, saya membuat snapgram yang saya abadikan di highlight ak...
09 May 2019
  •  18
Move on merupakan hal yang sulit bagi sebagian orang, terutama dari kisah yang buruk. Misalnya saja...
09 May 2019
  •  21
Menengok dari keterbukaan anak muda GKI masa kini pada pemilu 2014 silam, bagi saya ini adalah sebua...
09 May 2019
  •  40
Apakah kamu pernah berpikir di-P.H.P. oleh Tuhan karena tak segera mendapatkan jawaban atas doamu? A...
09 May 2019
  •  30
Kasih menjadi konten vital yang memberi warna dalam kehidupan setiap orang. Perasaan dikasihi membua...
07 May 2019
  •  38
Di kampus X, terdapat obrolan hangat tentang A yang baru saja ditembak oleh C, salah satu gitaris ya...
07 May 2019
  •  64
Bukan, ini bukan artikel untuk menelaah lagunya Tulus. Tapi ulasan berikut mungkin akan membuat kita...
07 May 2019
  •  48
Satu tahun lalu, akhirnya aku mulai mengamini pernyataan yang sering bertebaran di linimasa. Pernyat...
07 May 2019
  •  37
Aku yakin ada banyak ulasan mengenai “bagaimana mencari pasangan hidup yang tepat”, &ldq...
07 May 2019
  •  49
Sekitar pertengahan Februari, saya mendapatkan curhatan dari anak rohani saya. Diawali dengan pertan...
07 May 2019
  •  101
Sungguh lembut Tuhan Yesus memanggil, memanggil aku dan kau…“Lho kok, lagu ini nyasar k...
07 May 2019
  •  61
Setiap orang tentu punya rencana, punya impian, dan harapan yang ingin diraih bersama orang yang dik...
06 May 2019
  •  340
Menengok dari keterbukaan anak muda GKI masa kini pada pemilu 2014 silam, bagi saya ini adalah sebua...
28 Apr 2019
  •  52
Orang mana yang tidak kenal Setya Novanto? Ketua DPR RI periode 2014-2019 yang terkenal dengan pangg...
25 Apr 2019
  •  25
Buat yang sudah nonton film atau membaca novel Dilan 1990 mungkin ingat akan penggalan gombalan di a...
25 Apr 2019
  •  50
Dalam mencintai, luka adalah sebuah keniscayaan. Semakin saya menjalani profesi sebagai guru, dan kh...
25 Apr 2019
  •  36
“Kamu sering nyanyi di kamar mandi?”, tanya sang pelatih vokal. “Sering kak, kenap...
25 Apr 2019
  •  20
Sebut saja namanya Budi. Ia adalah salah satu dari sekian banyak ‘mantan pacar’ gereja s...
17 Apr 2019
  •  53
Hari itu terasa sangat biasa dan inosen (tadinya). Saya sedang mengikuti kelas yoga, mendadak mata s...
17 Apr 2019
  •  29
Satu kali dalam kelas kursus Bisnis & Manajemen yang saya ikuti di gereja, dipaparkan fakta bahw...
17 Apr 2019
  •  25
Karya: Finki Rianto Kantohe Setiap orang tentu punya rencana, punya impian, dan harapan yang in...
17 Apr 2019
  •  52
Dulu ketika masih SMP, ada masanya aku suka sekali dengan momen Pra-Paskah. Kenapa? Karena di sekola...
11 Apr 2019
  •  16
Kepentingan Golongan dan PemiluSaya akan mulai dengan ini: tidak mengherankan bila seseorang memilih...
08 Apr 2019
  •  25
ART

Do You Trust Him?

By Angelic Wijaya

Do You Trust Him?

By Angelic Wijaya

Do You Trust Him?

By Angelic Wijaya

Do You Trust Him?

By Angelic Wijaya

Do You Trust Him?

By Angelic Wijaya

Do You Trust Him?

By Angelic Wijaya

Do You Trust Him?

By Angelic Wijaya

Do You Trust Him?

By Angelic Wijaya
VIDEO

MOST SHARED
Pemilu sudah semakin dekat Indonesia diperhadapkan dengan pemilihan pemimpin serta wakil rakyat. Ban...
by Admin | 08 Apr 2019
  •  40

Dildo? Mau bahas sex toys? Wait, jangan keburu nethink (negative thinking) dulu nih. Dildo (kepanjan...
by Admin | 08 Apr 2019
  •  36

Kepentingan Golongan dan PemiluSaya akan mulai dengan ini: tidak mengherankan bila seseorang memilih...
by Admin | 08 Apr 2019
  •  25

Fenomena mengaitkan isu agama dengan politik bukanlah hal yang baru. Sejak Pilkada Jakarta 2017 lalu...
by Admin | 11 Apr 2019
  •  25

MOST READ
Setiap orang tentu punya rencana, punya impian, dan harapan yang ingin diraih bersama orang yang dik...
by Finki Kantohe | 06 May 2019
  •  340

Aku memandang salib Tinggi menjulang menjadi lambangKehinaan berpancar kemuliaan Najis be...
by Admin | 18 Apr 2019
  •  103

Sekitar pertengahan Februari, saya mendapatkan curhatan dari anak rohani saya. Diawali dengan pertan...
by Tabita Davinia Utomo | 07 May 2019
  •  101

Di kampus X, terdapat obrolan hangat tentang A yang baru saja ditembak oleh C, salah satu gitaris ya...
by Tabita Davinia Utomo | 07 May 2019
  •  64

WE INVITE YOU

Untuk menjadi bagian dari gerakan generasi
muda Kristen Indonesia. Kirimkan karyamu ke:

  [email protected]

CONTACT US

 

   +62 8222 7841 346
   [email protected]

 

 

 

 

STAY UPDATE WITH IGNITE!
SUBSCRIBE