Ekspresi terhadap Misteri Kehidupan

, What's Next, 04 March 2023

Selamat datang di bulan Maret!

Tahukah Ignite People bahwa bulan ini memiliki banyak peringatan terhadap seni? Ya, misalnya Hari Musik Nasional (9 Maret), Hari Dongeng Sedunia (20 Maret), Hari Puisi Sedunia (21 Maret), dan Hari Teater Sedunia. Wah, ternyata ada ragam seni yang tentunya memiliki sejarahnya masing-masing sampai akhirnya bisa kita nikmati saat ini. Bahkan yang lebih unik lagi, seni juga sering dipakai manusia untuk menyampaikan aspirasi secara tidak langsung. Contohnya puisi-puisi dari Widji Thukul yang melawan rezim Orde Baru melalui puisi-puisinya (di antaranya adalah "Para Jenderal Marah-Marah"), kemudian mural-mural yang sering kita lihat di berbagai dinding bangunan sebagai aspirasi terhadap pemerintahan maupun isu yang sedang hangat.


Photo by Thought Catalog on Unsplash  


Photo by Yassin Nur Fadhilah on Unsplash


Photo by Den on Unsplash

Ya, seni adalah ekspresi jiwa manusia yang sudah ada dari zaman ke zaman. Dari seni pula, manusia dapat menyatakan perasaannya dalam berbagai situasi. Di Alkitab, kita mengenal Daud, sosok yang menuliskan banyak mazmur. Mazmur yang dituliskan bukan hanya mazmur pujian kepada Tuhan, tetapi juga mazmur ratapan, mazmur ucapan syukur, mazmur peringatan, mazmur hikmat, dan mazmur tentang raja. Berbagai misteri kehidupan ada kalanya membuat kita freeze, khawatir, bahkan ingin kabur. Namun, melalui beberapa hari peringatan seputar seni pada bulan Maret ini, kita perlu mengingat bahwa Allah telah menyediakan sarana untuk mengekspresikan setiap perasaan kita melalui seni yang kreatif. Toh Allah juga telah mengaruniakan sense of art and creativity bagi kita dalam porsinya masing-masing. Bukankah Dia memang adalah Sumber segala kreativitas?

Ed letter bisa jadi adalah ed letter tersingkat, tetapi Minbi berdoa agar pantikan darinya menyalakan suluh ide Ignite People untuk kembali berkarya melalui setiap rangkaian rasa yang telah terjalin. Kiranya dari setiap karya yang disajikan melalui website ini, nama Tuhan yang dimuliakan. Selamat berbagi rasa melalui ragam ekspresi jiwa!



-Minbi



 

RELATED TOPIC

LATEST POST

 

Musa dan Yohanes merupakan penulis kitab pertama dan terakhir dalam Alkitab. Maka akan sangat menari...
by Jeffry Immanuel | 24 May 2024

Ethan Winters dan Mia baru saja memulai hidup barunya yang tentram dan damai bersama Rosemary, bayi...
by Olyvia Hulda | 23 May 2024

Respons terhadap Progresive ChristianityIstilah progresive Christianity terdengar belakangan ini. Ha...
by Immanuel Elson | 19 May 2024

Want to Submit an Article

Untuk menjadi bagian dari gerakan generasi
muda Kristen Indonesia. Kirimkan karyamu ke:

[email protected]

READ OTHER