Family Drama

, What's Next, 06 September 2020
Tema Family Drama di bulan September-Oktober yang digagas oleh Ignite ingin menyoroti drama yang terjadi pada keluarga Ignite People di era yang sudah dianggap normal ini.

Di akhir Agustus lalu, beredar sebuah postingan video antreian panjang di Pengadilan Agama Soreang Bandung. Video ini diunggah di Instagram oleh @stefhaniequeen dan di-repost oleh @clickbandungcom dan @bandung.update. “Ini bukan antrean penerima bansos guys, tapi ini antrean orang-orang yang mau cerai di Pengadilan Agama Soreang,” tukas si pengunggah video yang dikutip ulang oleh Republika.co.id. Benar saja. Panitera Pengadilan Agama Soreang Ahmad Sadikin mengatakan bahwa per bulannya ada 800 pendaftar kasus. Fenomena ini tidak hanya terjadi di Bandung. Menurut Direktorat Jenderal Badan Pengadilan Mahkamah Agung Republik Indonesia (Dirjen Badilag MARI) Aco Nur, di Jawa saja ada 57 ribu kasus perceraian yang didaftarkan hingga akhir Juli. Faktor ekonomi menjadi latar belakang utama. 



Di sisi yang menggembirakan, di Instagram juga nih, banyak sekali postingan-postingan yang berisi video atau gambar-gambar hasil masakan bersama keluarga. Baik di story maupun di feed, banyak orang menunjukkan kalau mereka akhirnya berhasil membuat makanan baru yang belum pernah dicoba untuk dimasak sebelumnya. Sate babi, dessert box, lumpia, dan salad buah adalah beberapa menu yang sering muncul di postingan dengan tajuk “masak bersama keluarga.” Bahkan interaksi-interaksi kreatif itu membuat anggota keluarga jadi semakin mengenal satu sama lain lebih dalam dari sebelumnya.

Menarik bukan? Pasca pandemi, durasi waktu berkumpul bersama keluarga di rumah yang tiba-tiba melonjak memunculkan hal-hal baru. Konflik yang selama ini tertutupi dan dialihkan mau tidak mau jadi terbahas dan menimbulkan perpecahan. Ide-ide “gak jelas” yang selama ini tidak kunjung terlaksana tiba-tiba langsung tereksekusi karena banyaknya waktu yang ada bersama keluarga. Hasilnya tentunya adalah keceriaan-keceriaan baru dan sukacita-sukacita baru.

Tema Family Drama di bulan September-Oktober yang digagas oleh Ignite ingin menyoroti drama yang terjadi pada keluarga Ignite People di era yang sudah dianggap normal ini.  Tentu drama yang dimaksud bukan hanya “sedih-sedihan” saja. Dalam berbagai konteks, drama menyajikan banyak sekali ragam emosi, mulai dari kecewa, marah, terkejut (surprised), senang, berpengharapan, lega, dan banyak lagi bentuk-bentuk emosi lain. Harus diakui, K-Drama "Jago Banget" mengangkat ragam emosi ini. Semua emosi itu sebenarnya kita alami, hanya saja jarang diakui, diutarakan, apalagi dibahas.



Dengan memfokuskan pada tema ini, Ignite People diharapkan mengungkap kisah-kisah dalam keluarga yang membawa vibes positif, memberikan pengharapan, menjadi pembelajaran, menginspirasi, atau memberikan semangat bagi Ignite People lainnya. Tema-tema Alkitab yang berkaitan dengan sukacita dan dinamika dalam keluarga juga penting untuk jadi pembahasan dalam dua bulan ini. Diharapkan juga Ignite GKI akan menjadi bahan bacaan renyah yang menemani Ignite People selagi menikmati waktu bersama dengan keluarga.

Apakah Ignite People punya pengalaman baru yang menyenangkan bersama keluarga? Adakah pergumulan yang akhirnya dijawab oleh Tuhan di tengah-tengah keluargamu? Cara pandang baru apa yang Ignite People dapatkan setelah merenungkan interaksi bersama keluarga dalam beberapa bulan ini? Adakah firman Tuhan yang memberikan damai dan sukacita baik bagi Ignite People secara peribadi maupun bagi keluarga kalian? Semua pengalaman, cara pandang baru, pergumulan, sukacita, dan perkataan-perkataan Tuhan akan sangat memberkati bila dibagikan dalam dua bulan ke depan.

Sampaikan pengalaman dan pemikiranmu dengan berkontribusi melalui Ignite GKI, baik itu berupa tulisan, seni visual, audio, maupun video. Cara berkontribusi sangat mudah: untuk menggugah tulisan, login ke dalam situs IgniteGKI.com dan buka menu “New Article.” Untuk menggugah seni visual, podcast monolog, maupun video, hubungi admin Ignite GKI, baik melalui e-mail ([email protected]) maupun direct message di Instagram dan chat Facebook. 

Buat Ignite People yang mau bercerita dan berbagi pemikiran, kami tunggu ya.

 

RELATED TOPIC

LATEST POST

 

Sebuah Pertemuan23 Januari 2019, GKI Gunung Sahari. Sekitar 1 tahun yang lalu, aku mengenal mereka,...
by Jonathan Joel Krisnawan | 22 Sep 2020

Ignite People, awal tahun ini menjadi tahun yang kurang menyenangkan untuk kita. Tidak hanya kurang...
by Regina Megumi Tandiari | 22 Sep 2020

Melayani remaja bisa dibilang merupakan hal yang paling menantang di zaman ini. Aku merupakan seoran...
by Noni Elina | 22 Sep 2020

Want to Submit an Article

Untuk menjadi bagian dari gerakan generasi
muda Kristen Indonesia. Kirimkan karyamu ke:

[email protected]

READ OTHER